Jam Pasar Diperpanjang, Pedagang di Tabanan Kena Retribusi Harian - Beritabali.com

News

Jam Pasar Diperpanjang, Pedagang di Tabanan Kena Retribusi Harian

Kamis, 21 Mei 2020 | 22:50 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
  Diperpanjangnya jam buka untuk pasar tradisonal, modern dan pasar senggol di Tabanan, pedagang kembali dikenai retribusi harian. Kebijakan ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Bupati Tabanan nomor 517/686/Disperindag.   

Pilihan Redaksi

  • Bupati Eka Ingatkan Umat Muslim di Tabanan Tidak Mudik
  • Berbagi Saat Pandemi, Komunitas Bagikan Makanan pada Anjing Liar di Tabanan
  • Wabup Sanjaya Ucap Syukur di 2 Pura Kota Tabanan
  • Sebelumnya, pasca dibatasinya jam operasional pasar, toko modern dan senggol, sejak tanggal 29 Maret pedagang libur membayar biaya retribusi harian. Kini pedagang kembali membayar mulai Jumat (22/5) sejak SE dikeluarkan.   
    Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tabanan Ni Wayan Primayani menjelaskan, dengan diperpanjang jam operasional pasar, pungutan retribusi harian untuk pedagang kembali dijalankan sesuai dengan Perda.   
    Pedagang kembali membayar pungutan harian mulai Jumat (22/5). Pungutan diberlakukan kepada seluruh pedagang baik yang berdagang diatas mobil. "Pungutan mulai dibayarkan sesusia perda mulai besok (hari ini)," ungkapnya Kamis (21/5).   
    Kata dia sesuai Perda untuk pedagang bermobil dikenakan tarif retribusi Rp 10.000 per sekali berjualan per hari, dan pedagang yang berjualan dipedasaran (non permanen) dikenakan Rp 2.000 per hari. "Tarif retribusi ini sudah sesuai dengan Perda yang ada," imbuhnya.  
    Sementara di sisi lain meskipun tarif retribusi kembali jalan, mengenai dengan pencapaian target Rp 6 miliar dirasa belum bisa tercapai. Hanya saja pihaknya sedang menunggu SK perubahan target karena situasi Covid-19. "Kita masih menunggu SK perubahan," katanya.   
    Primayani menambahkan, seiring dengan mulainya kembali pengenaan tarif retribusi pasar ini, pihaknya dengan menggandeng Satpol PP akan melakukan penertiban sejumlah pedagang liar yang berjualan disejumlah titik, termasuk yang berjualan di atas trotoar. Nantinya, pedagang liar ini akan diarahkan ditampung berjualan di sejumlah titik pasar dengan tetap mengacu pada pedoman protokol penanganan covid-19.   

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Retribusi Harian Pedagang Tabanan


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV