Ogoh-Ogoh Berbahan Bekas Diiringi Gambelan dan Instrumen Barang Bekas - Beritabali.com

News

Ogoh-Ogoh Berbahan Bekas Diiringi Gambelan dan Instrumen Barang Bekas

Kamis, 12 Maret 2020 | 19:00 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Nama I Gusti Lanang Mantra tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga, seniman asal Rendang, Karangasem ini kerap membuat karya seni dengan menggunakan sampah atau barang bekas sebagai bahan utamanya.

Pilihan Redaksi

  • Polisi Ungkap Pencuri Ogoh-Ogoh Dewa Wisnu di Banjar Batan Nyuh
  • Ogoh-Ogoh Banjar Batannyuh Dicuri, STT Curiga Karena Jelang Penilaian Lomba
  • 563 Sekaa Teruna di Badung Terima Dana Ogoh-Ogoh Masing-masing Rp40 Juta
  • Biasanya ia membuat berbagai busana seperti gaun terbuat dari bahan-bahan bekas seperti karung bekas, kardus, hingga sampah sisa upakara seperti canang, sampyan, lamak dan yang lainnya. 
    Namun kini, pria yang akrab disapa Lanang Mantra tersebut kembali mencoba membuat satu karya berbahan dasar bahan bekas. 
    Bekerja sama dengan STT Kriyaduta, Banjar Buyan, Desa Menanga, Rendang, Karangasem, mencoba membuat ogoh - ogoh berbahan barang bekas.
    "Kita mulai pengerjaan sekitar empat hari lalu bersama STT  Kriyaduta, kita kumpulkan barang bekas dulu seperti botol minuman dan benda - benda lainnya," ujar Lanang Mantra saat ditemui, Kamis (12/03/2020).
    Rencananya ogoh - ogoh dengan tinggi sekitar 3 meteran tersebut seluruh bagiannya akan menggunakan barang bekas, seperti bagian lekuk tubuh misalnya, Lanang Mantra memakai jaring bungkus apel dengan cara dibungkus menggunakan koran bekas serta potongan kain bekas yang diperoleh dari sejumlah tukang jahit.
    Yang agak rumit, pada bagian tubuh ogoh - ogoh yang didesain berbentuk naga tersebut seluruhnya akan dibalut sisik dari bahan gelas plastik minuman ringan yang sebelumnya dipungut oleh anggota STT. 
    Disamping itu, seluruh hiasan berupa manik - manik, gelungan, bagian kalung hingga sayap dan pakaian ogoh - ogoh juga dibuat dari barang - barang bekas dengan pengerjaan ditarget selesai hingga 10 hari kedepan.
    "Kalo pengerjaannya biasa saja, yang susah itu idenya, mau diapakan barang bekas ini sehingga kelihatan bagus," jelas Lanang Mantra.
    Selain ogoh - ogoh berbahan barang bekas, gambelan yang akan mengiringi nantinya juga sedikit berbeda, menurut Ketua STT Gede Panca Septiantara, pihaknya menyiapkan kolaborasi gambelan baleganjur dengan beberapa barang bekas seperti galon, gentong plastik dan drum bekas. 
    "Gambelan ini juga nantinya mengiringi fragmen tari dengan tema edukasi tentang peduli sampah yang berdurasi sekitar 15 menit," terang Gede Panca.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Ogoh-Ogoh Bahan Bekas Instrumen Barang Bekas


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV