Warga Bali Agar Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan - Beritabali.com

News

Warga Bali Agar Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan Kedepan

Selasa, 25 Februari 2020 | 18:05 WITA

beritabali.com/ilustrasi/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga periode Maret mendatang. Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. 

Pilihan Redaksi

  • Dirjen Otda: Tercatat 370 Kasus Terkait Dana Desa
  • 116 Babi Dilaporkan Mati di Desa Bila Kubutambahan
  • Sejumlah Ormas di Kota Denpasar Gunakan Alamat "Palsu"
  • Oknum Kepsek Cabuli Siswi Rayu Korban Diimingi Boneka dan Jam Tangan
  • Belasan Babi Mati di Karangasem dengan Gejala yang Hampir Sama
  • "Sebagaimana telah disampaikan dalam prakiraan cuaca sebelumnya pada tanggal 23 Februari 2020 yang lalu, bahwa potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga periode Maret mendatang. Dan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia,"jelas Deputi Bidang Meteorologi Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc., dalam siaran pers (25/2/2020).
    Lebih lanjut dijelaskan, keberadaan badai tropis Ferdinand yang mulai terdeteksi pada tanggal 24 Februari yang lalu di Samudera Hindia selatan NTB, serta sirkulasi angin di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Banten, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT. 
    Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.
    Sementara itu labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah, kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konvektifitas skala lokal terutama di Pesisir Barat Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.
    Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan yakni 25 - 28 Februari 2020, curah hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinyu disertai kilat/petir berpotensi terjadi di beberapa wilayah termasuk di Bali dan Nusa Tenggara Barat.
    Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.
    Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18 atau situs http://www.bmkg.go.id.

    Penulis : Rilis Pers

    Editor : Putra Setiawan


    TAGS : Cuaca Ekstrem Bmkg Bali


    DELIVERYBALI

    BALI GROCERY DELIVERY

    Same day delivery for your daily needs every day from before 3 pm

    For Purchase contact on Whatsapp +6281 3201 45567

    Tokopedia & Shopee : BALI GROCERY

     

     



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV