Pusat Kajian Lontar Unud Konservasi 5 Lontar Berumur Ratusan Tahun di Lombok - Beritabali.com

Akademika

Pusat Kajian Lontar Unud Konservasi 5 Lontar Berumur Ratusan Tahun di Lombok

Kamis, 05 Maret 2020 | 16:25 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Lima cakep naskah berumur ratusan tahun tersebut yaitu Tutur Mretta Kunndhalini berumur 275 tahun, Kawisesan Kala Wisaya berumur 167 tahun, Katatwan Mpu Bradhah berumur 260 tahun, dan Kusumadewa berumur 135 tahun.

Pilihan Redaksi

  • Peneliti Muda Denpasar Raih Emas di Malaysia
  • Lontar-lontar tersebut berhasil di konservasi dalam sebuah kegiatan konservasi, identifikasi, dan digitalisasi naskah lontar di wilayah desa Pagutan Timur, Mataram. Lontar yang dikonservasi merupakan milik Ida Bagus Heri Juniawan.
    Tim Ahli PKL Unud, I Gde Nala Antara menyebutkan 5 lontar berumur ratusan tahun tersebut merupakan bagian dari 22 naskah lontar yang berhasil di konservasi. 
    “Tim PKL Unud menemukan ratusan lontar di salah satu rumah warga. Dari ratusan naskah lontar yang ditemukan, Tim PKL Unud berhasil mengonservasi 22 naskah lontar,” ungkap Nala Antara saat dikonfirmasi di Lombok pada Rabu (4/3).
    Menurut Nala Antara, Selain melaksanakan konservasi, identifikasi, dan digitalisasi di rumah warga, tim PKL Unud juga memiliki agenda sosialisasi dan pelatihan (workshop) konservasi lontar. Kegiatan dilaksanakan dengan Bekerja sama dengan STAHN Gde Pudja Mataram.
    Tim PKL Unud juga melaksanakan evaluasi perkembangan hasil konservasi naskah lontar yang pernah dilaksanakan oleh tim PKL Unud pada tahun 2015, 2016, dan 2017 di Pejanggik, Gria Arong-arong, Gria Saksari, di sekitar Kota Mataram. 
    “Seluruh rangkaian agenda tim PKL Unud dilaksanakan untuk menyelamatkan dan melestarikan lontar masyarakat Lombok, serta sebagai bahan pengembangan koleksi milik PKL Unud dalam bentuk digital,” papar Nala Antara.
    Menurut penuturan salah satu warga Pagutan masih banyak lontar yang tersebar di rumah-rumah warga di wilayah Pagutan. Lontar tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus demi pelestarian dan mengetahui isi naskah-naskah lontar tersebut.

    Penulis : I Nengah Muliarta

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Lontar Berumur Ratusan Tahun Konservasi PKL Unud


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV