Ubah Sampah Jadi Beras, Warga Tangkup Termotivasi Bebas Sampah Plastik - Beritabali.com

News

Ubah Sampah Jadi Beras, Warga Tangkup Termotivasi Bebas Sampah Plastik

Senin, 16 November 2020 | 13:00 WITA
Ubah Sampah Jadi Beras, Warga Tangkup Termotivasi Bebas Sampah Plastik

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Warga Desa Tangkup, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem termotivasi tidak akan membuang sampah dengan sembarangan lagi dengan program penukaran beras dengan sampah seperti sampah plastik, botol bekas, kardus, Buku kertas dan besi. 
Menurut Perbekel Desa Tangkup, I Gede Sukarnadita ketika dikonfirmasi pada Senin (16/11/2020) mengungkapkan, program penukaran sampah dengan beras ini bekerja sama dengan salah satu yayasan peduli sampah plastik yang lengelolanya berada di wilayah Ubud, Gianyar.
"Nanti sampah yang terkumpul akan langsung dijemput oleh sebuah yayasan, katanya untuk didaur ulang kembali. Sebagai perangsang kegiatan, kami diberikan donasi 1 ton beras untuk ditukar dengan sampah," ujarnya.
Dijelaskan Sukarnadita, dalam proses penukarannya untuk mendapatkan satu kilogram beras, setiap jenis sampah dihargai berbeda - beda tergantung jenisnya.
Sampah jenis kresek atau plastik kemasan butuh sebanyak 4 kilogram plastik agar bisa ditukarkan dengan 1 kilogram beras. Sampah botol plastik butuh sebanyak 7 kilogram, rongsokan plastik sebanyak 8 kilogram, kardus 8 kilogram, kertas sebanyak 12 kilogram dan Besi sebanyak 5 kilogram untuk mendapat 1 kilogram beras.
"Program penukaran ini baru kita mulai pada 13 November 2020 lalu, untuk tahap awal kami terus memberikan arahan edukasi agar semaksimal mungkin warga mengumpulkan sampah untuk ditukar dengan beras dengan tujuan agar sebisanya lingkungan kami bersih dan berharap bebas dari sampah plastik," tandas Sukarnadita.
Selama ini, di wilayah Desa Tangkup penyumbang sampah plastik terbanyak bukan dari sampah rumah tangga melainkan berasal dari tempat - tempat umum, kondisi ini dikarenakan banyak warga yang membuang sampah sembarangan usai belanja di warung terutama anak - anak.

Penulis : Kontributor Karangasem

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Warga Desa Tangkup Penukaran Sampah Dengan Beras Sampah Karangasem


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV