Tabanan Miliki Patung Ganesha Setinggi 7,5 Meter - Beritabali.com

News

Tabanan Miliki Patung Ganesha Setinggi 7,5 Meter

Senin, 02 Maret 2020 | 07:10 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Tabanan kini memiliki ikon baru yakni patung Ganesha setinggi tujuh setengah meter. Upacara "Melaspas" Patung Ganesha Catur Muka di pertigaan Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan dilakukan pada Minggu, 1 Maret 2020.
Pematung Ganesha catur muka, I Wayan Budi Wiyasa mengatakan, patung dikerjakan selama tiga bulan. Dimana tinggi patung mencapai 7,5 meter dan diameternya 3,5 meter.  “Bisa dibilang ini adalah patung terbesar di Tabanan,” katanya.
Diakuinya, kesulitan dalam membuat seperti pada umumnya yakni masalah ketinggian. Sehingga diperlukan pondasi maupun alat yang disiapkan harus kuat. Budi Wiyasa yang juga merupakan Kelian Dinas Banjar Teges, Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur.
Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya mengatakan, anggaran pembuatan patung Ganesha bermuka empat senilai Rp 300 juta. “Ini bisa dibilang patung terbesar di Tabanan,” ujarnya.
Dikatakan dipilihnya Ganesa Catur Muka karena meskipun terlihat hanya ada pertigaan, namun sebenarnya adalah perempatan. Dimana ada jalan niskala kearah timur sesuai dengan tutur leluhur dan orang tua. “Buktinya sekarang ada jalan kearah timur itu bisa tembus ke Tegal Belodan dan Tegal Baleran Desa Dauh Peken,” tegasnya.
Selain itu menurut Sanjaya patung dibuat untuk menata wajah kota agar terlihat bersih. Dimana sebelumnya memang telah dibangun patung kecil, namun sering menjadi tempat duduk dan tamannya tidak terawat.
Koordinasi dengan semua pihak terinspirasi membuat patung Dewa Ganesha. Alasan paling kongrit memilih Dewa Ganesa di sebelah pertigaan tersebut ada pura khyangan jagat bernama Pura Manik Slaka yang didalamnya sebagian besar berisi Patung Ganesa. “Jadi biar nyambung dengan Pura Manik Slaka dibangunlah Patung Ganesa,” ujar Sanjaya. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Patung Ganesha Tabanan


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV