Menkes Terawan Jelaskan Kronologi WN Jepang Tularkan Corona ke 2 Warga Depok - Beritabali.com

News

Menkes Terawan Jelaskan Kronologi WN Jepang Tularkan Corona ke 2 Warga Depok

Senin, 02 Maret 2020 | 15:15 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Mendapatkan laporan dua warga Depok positif virus Corona atau Covid-19 tertular oleh warga negara Jepang yang tinggal di Malaysia, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan garis besar kronologi kedua WNI tersebut terkena Covid-19.

Pilihan Redaksi

  • Jokowi Sebut 2 Warga Indonesia Positif Corona, Korban Ibu dan Anak
  • Australia Imbau Warganya Isolasi Diri Setelah dari Indonesia
  • Korban Meninggal Virus Corona Tembus 3.055 Jiwa, 88.590 Terinfeksi
  • "Ada WN Jepang yang tinggal di Malaysia, melakukan perjalanan ke Indonesia, kembali ke Malaysia setelah beberapa hari sakit, maka dicek di sana karena kena monitor. Dikatakan Covid-19 positif. Pemerintah Malaysia menghubungi kita. Kita lakukan tracking melakukan close contact dengan pasien ini. Kita tindak lanjuti, sistem di sini berjalan," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
    Menurut Terawan, WN Jepang yang tinggal di Malaysia tersebut dinyatakan positif Covid-19 oleh pemerintah Malaysia pada pekan lalu.
    "Jadi memang orang Jepang yang bawa (virus Corna) dan dia tinggal di Malaysia. Kelihatanya dia sudah terinfeksi (di Malaysia), yang saya telusuri adalah bagaimana dia dan di mana bertemu," kata Terawan.
    Menkes juga menjelaskan bahwa kedua WNI tinggal di Depok.
    "Rumahnya di Depok," ujar Terawan.
    Pihaknya kemudian melakukan surveillance tracking dengan detail ke mana saja orang Jepang itu pergi.
    "Begitu dengar berita, kita melakukan penelusuran dan pemisahan dan siapa pun yang close contact, selalu kita periksa detail. Orang yang tinggal dengan dua orang ini dipisah, juga sudah kita pisahkan," kata Terawan.
    Dinas kesehatan pun menemukan ibu dan anak yang mengalami gejala batuk, pilek, sesak dan demam.
    "Jadi dua orang ini, rumahnya kita cek sehingga kita bawa dua-duanya, ibu dan anak, umur 64 tahun dan 31 tahun, sesuai prosedur dinas kesehatan setempat melakukan pemantauan dan isolasi rumah. Setelah itu kita dapat orangnya, kita langsung periksa, kita bawa ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, di ruang isolasi khusus yang tidak berhubungan dengan yang lain," kata Terawan.
    Dua warga positif virus Corona yang merupakan ibu dan anak ini kali pertama diungkap Presiden Joko Widodo. Kedua warga asal Depok itu terpapar virus Corona itu dari WN Jepang yang sebelumnya sempat ke Indonesia.

    Penulis : Media Network

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Menkes Terawan Kronologi WN Jepang Tularkan Corona Warga Depok


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV