Kesehatan

5 Hal yang Bisa Orangtua Lakukan Saat Anak Alami Demam

Sabtu, 23 Januari 2021 | 11:20 WITA
5 Hal yang Bisa Orangtua Lakukan Saat Anak Alami Demam

beritabali.com/ist/suara.com/5 Hal yang Bisa Orangtua Lakukan Saat Anak Alami Demam

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Bayi atau anak yang mengalami demam akan membuat orangtua, terlebih orangtua baru, was-was tak keruan.  Untuk bayi berusia kurang dari tiga bulan yang mengalami demam, ini dianggap sebagai keadaan darurat dan sesegera mungkin harus dibawa ke dokter untuk diperiksa.
Sementara untuk bayi berusia lebih dari tiga bulan, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam dan membuat bayi merasa lebih nyaman. Berikut adalah lima hal yang bisa orangtua lakukan saat anak mengalami demam seperti yang telah dikutip dari Insider.
1. Gunakan paracetamol
Paracetamol atau acetaminophen (Tylenol) dipercaya dapat  menurunkan demam pada anak. Tapi jangan pernah memberikan obat ini pada bayi di bawah 3 bulan.
Selain itu pastikan juga untuk menggunakan obat mengikuti petunjuk kemasan, dosis yang disesuaikan berat badan bayi.
Jika bayi mengalami demam di bawah 38 derajat celcius, Anda tidak perlu menggunakan obat demam kecuali bayi terus menerus menangis dan dalam kondisi tidak nyaman.
2. Gunakan baju tipis
Anggapan bayi harus dibalut selimut saat demam ternyata itu keliru. Sebaliknya, saat bayi demam gunakan pakaian yang tipis, karena akan membantu panas keluar dari kulit bayi sehingga suhu tubuh menurun.
Pakaian yang tipis juga akan mencegah bayi mengalami kepanasan, berkeringat sehingga bayi tidak nyaman. Pakaian berbahan katun direkomendasikan.
3. Pastikan bayi cukup cairan
Saat bayi sakit demam, ia akan kekurangan cairan lebih cepat lewat keringat yang keluar, sehingga fokuslah pada memperbanyak asupan air untuk bayi.
"Cairan memang tidak menurunkan demam, tetapi bisa membantu bayi mengalami dehidrasi berat, yang berisiko bayi harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan cairan," terang Profesor Pengobatan Darurat University of Utah, Troy Madsen, MD.
4. Kompres dengan air dingin
Untuk membuat kompres bayi, Anda perlu merendam kain di air dingin dan menekannya di dahi, pergelangan tangan, atau pangkal paha bayi sesekali.
"Menggunakan kompres dingin bisa membantu bayi mengalami demam merasa nyaman, dan menurunkan demam," terang Prof. Madsen.
5. Mandikan bayi
Jika berpikir bayi tidak perlu mandi saat demam, Anda keliru. Sebaliknya bayi harus mandi untuk menurunkan demam. Tapi pastikan tidak menggunakan air dingin saat mandi, karena bisa menyebabkan menggigil pada bayi, dan memperparah demam.
Gunakan air hangat suam suam kuku, balurkan bayi menggunakan kain basah selama 20 hingga 30 menit, namun pastikan bayi merasa nyaman, dan hentikan jika bayi tidak nyaman.(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : 5 Hal Yang Bisa Orangtua Lakukan Saat Anak Alami Demam Denpasar Bali Beritabali


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV