Dampak Corona, Tingkat Hunian Hotel di Badung Drop 20%, Potensi Pajak Hilang Rp1,6 T - Beritabali.com

Ekbis

Dampak Corona, Tingkat Hunian Hotel di Badung Drop 20%, Potensi Pajak Hilang Rp1,6 T

Jumat, 20 Maret 2020 | 14:00 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Ketua DPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan dampak dari wabah virus corona mengakibatkan tingkat hunian kamar hotel di Badung turun mencapai 20%. Hal ini sebagian besar karena larangan negara-negara untuk warganya berwisata ke Indonesia.

Pilihan Redaksi

  • OJK Keluarkan Kebijakan Ringankan Beban Kredit Debitur Terdampak Corona
  • Dampak Corona, OJK Keluarkan Kebijakan Bank Bisa Restrukturasi Kredit
  • Dampak Corona, Disdukcapil Tabanan Stop Perekaman KTP Elektronik
  • Dikatakan, wabah corona covid-19 yang membuat kondisi pariwisata di Bali turun drastis dimana tingkat hunian biasanya pada Maret mencapai 60-70% sekarang drop menjadi 20%. Wilayah yang sangat terdampak, kata dia, adalah wilayah di Badung karena dari 146 ribu hotel di Bali sebanyak 70% berada di Badung.
    Hal ini terindikasi dari tingkat kunjungan dimana dibandingkan data Maret 2019 data kunjungan wisatawan ke Bali berdasarkan data Imigrasi dan Bandara Ngurah Rai mencapai 16.000 wisatawan sekarang hanya mencapai 4.200 wisatawan. 
    "Kali ini kondisinya sangat parah ketimbang bom Bali dan erupsi Gunung Agung, dan kita tidak tahu kapan berakhir, kita harapkan 3 bulan tidak lebih dari itu, kalau sampai lewat saya khawatir akan ada PHK," ujarnya saat jumpa pers di rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Kamis (19/3/2020) di Denpasar.
    Dia memproyeksikan jika wabah corona mulai dalam Februari hingga Maret, bulan April akan terjadi penurunan sekali dan mudah-mudahan Mei terjadi pemulihan (recovery). 
    Sedangkan untuk kerugian dari turunnya tingkat kunjungan ini, ia menyebut total potensi pajak yang hilang sebesar 400 miliar per bulan dan untuk 3 bulan bisa mencapai 1,2 triliun khususnya di Badung dimana selama 6 bulan diprediksi akan kehilangan potensi pendapatan dari pajak senilai 1,6 triliun. 
    "Untuk itu, Pemerintah pusat diharapkan segera memberikan stimulus berupa hibah ke kabupaten kota sehingga programnya berjalan lancar dan perekonomian mulai bergerak," ujarnya.  

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Tingkat Hunian Kamar Badung Dampak Corona


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV