Kabar Baik: Jokowi Minta Pemda Beri Bantuan Sosial kepada Pekerja Harian - Beritabali.com

News

Kabar Baik: Jokowi Minta Pemda Beri Bantuan Sosial kepada Pekerja Harian

Selasa, 24 Maret 2020 | 14:00 WITA

bbn/liputan6.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepala daerah untuk menghitung dampak sosial ekonomi sebelum mengeluarkan kebijakan terkait penanganan virus Corona yang mengakibatkan Covid-19. Khususnya, penutupan tempat-tempat transaksi ekonomi harian, seperti pasar.

Pilihan Redaksi

  • Kebijakan di Rumah Saja, Warga: Bagaimana Cari Penghidupan dan Bayar Cicilan?
  • Koster Sebut Pegawai Hotel yang Punya Cicilan Bisa Negosiasi dengan Bank
  • Ekonomi Lesu, Golkar Minta Bank Bebaskan Bunga dan Tangguhkan Cicilan Kredit
  • Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020). Sebanyak 34 gubernur se-Indonesia ikut dalam rapat itu.
    "Misalnya sebuah provinsi atau kab/kota ingin membuat sebuah kebijakan sekolah diliburkan, kantor ditutup semuanya, kemudian tempat-tempat transaksi ekonomi ditutup semuanya. Seperti pasar tolong ini benar-benar dihitung dampak sosial ekonomi dan kesehatan yang ada," kata Jokowi seperti dikutip dari Liputan6.com.
    Kebijakan social distancing atau pembatasan sosial disadarinya membawa dampak ekonomi kepada masyarakat kecil, khususnya pekerja harian. Untuk itu, Jokowi meminta agar pemerintah daerah memberikan bantuan sosial kepada buruh dan pekerja harian yang terdampak ekonomi karena Corona.
    "Kebijakan itu dilakukan harus disiapkan sebuah kota ingin melakukan itu, hitung berapa orang yang jadi tidak bekerja, hitung berapa pedagang asongan, becak, supir yang tidak bekerja," ujar Jokowi.
    "Dukungan kepada sektor-sektor itu yang harus diberikan, bantuan sosial kepada mereka harus diberikan. Jangan hanya menutup tapi tidak dibarengi social safety net untuk mendukung kebijakan yang dibuat," sambung dia terkait Corona.
    3 Fokus Pemerintah
    Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, ada 3 hal yang menjadi fokus pemerintah terkait penanganan virus corona. Pertama, keselamatan dan kesehatan masyarakat.
    "Yang kedua social safety net bantuan sosial tolong disiapkan. Ketiga, dampak ekonomi dihitung betul sehingga kesiapan kita dalam menyediakan stok pangan betul-betul ada," tutur Jokowi.
    Sementara itu, jumlah pasien positif di Indonesia berjumlah 579 orang per Senin 23 Maret 2020. 49 pasien diantaranya dinyatakan meninggal dunia dan 30 dinyatakan sembuh.

    Penulis : Media Network

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Presiden Joko Widodo Bantuan Sosial Pekerja Harian


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics  Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Call/WA : +6282339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV