Informasi

Distribusi Bansos Merata, Jembrana Luncurkan Aplikasi I-BAN

Selasa, 03 Agustus 2021 | 18:40 WITA
Distribusi Bansos Merata, Jembrana Luncurkan Aplikasi I-BAN

beritabali/ist/Bupati Tamba meluncurkan aplikasi data terintegrasi penerima bansos.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Permasalahan pembagian bantuan sosial baik dari Pemerintah Pusat, daerah maupun swasta ke masyarakat yang berhak terus saja terjadi di masa pandemi covid-19. 
Bahkan masih ada masyarakat yang mendapatkan bantuan hingga 2 kali. Guna meminimalisir kesalahan pembagian bantuan sosial tersebut, Pemerintah Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan I Nengah Tamba dan Ngurah Patriana Krisna membuat terobosan inovasi baru. 
Setelah sukses meluncurkan aplikasi layanan masyarakat Jembrana Emergency System kini kembali diluncurkan aplikasi I-BAN (I- Bansos). Aplikasi Integrated Bansos ini merupakan layanan aplikasi yang terintegrasi secara online terhadap bantuan-bantuan sosial dari pemerintah dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, desa atau masyarakat mulai dari proses verifikasi hingga ke pendistribusian. 
Langkah ini guna mencegah ketimpangan serta tidak meratanya dalam penyaluran bantuan sosial selama ini. Pasalnya, dalam pendisitribusiannya oleh sebagian masyarakat masih dianggap tebang pilih serta tidak adil. 
Terlebih di masa Pandemi covid-19 seperti sekarang. Padahal dalam pendistribusian bantuan ke masyarakat dilakukan sangat selektif dan berdasarkan data yang benar dan akurat. 
"Aplikasi ini untuk menjawab perasaan ketidakadilan masyarakat saat pendistribusian bansos itu. Dengan cara ini pemerintah memastikan pendistribusian bansos akan berlaku secara adil dan merata bagi warga masyarakat kabupaten Jembrana. Kayaknya aplikasi yang kita buat ini pertama di Indonesia," kata Bupati Jembrana I Nengah Tamba usai launching aplikasi i-ban Selasa (3/8/2021).  
Selama ini, ia banyak mendengar keluhan warga, terutama di media sosial terhadap penyaluran bansos. Mereka menganggap pendiditribusian bansos saat pandemi covid-19 yang dilakukan pemerintah tidak adil.  
"Itu ide awalnya. Kita banyak dengar keluhan masyarakat, terutama di masa pandemi ini. Akhirnya muncullah ide untuk membuat aplikasi dengan I-BAN (Integrated Bansos),” ujarnya. 
Halaman :

TAGS :


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV