Dinas Perizinan Buleleng Prioritaskan Penerbitan IMB yang Mendesak - Beritabali.com

Informasi

Dinas Perizinan Buleleng Prioritaskan Penerbitan IMB yang Mendesak

Selasa, 07 April 2020 | 19:35 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Buleleng tetapkan prioritas dalam mengeluarkan dokumen perizinan di tengah Pandemi Penyebaran Virus Korona atau Covid-19.

Pilihan Redaksi

  • Perkembangan Corona di Buleleng: Positif Tetap 1 Orang, PDP Tambah 1 Jadi 78 Orang
  • UMKM di Buleleng Siap Dukung Pengadaan Kebutuhan Masker
  • Perkembangan Corona di Buleleng: Tersisa 1 Kasus, 79 ODP, 160 OTG
  • Adapun prioritas perizinan yang telah ditentukan adalah dokumen-dokumen perizinan yang bersifat mendesak seperti penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Himbauan ini pun telah disampaikan langsung oleh DPMPTSP Buleleng kepada seluruh masyarakat Buleleng yang ingin mengajukan permohonan perizinan.
    “Namun, jika masyarakat sangat membutuhkan penerbitan izin maka perizinan tetap dilayani dan tim teknis perizinan akan melihat kembali permohonan tersebut apakah bersifat mendesak atau tidak,” ucap Plt. Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Buleleng, I Made Kuta, S.Sos di ruang kerjanya, Selasa (7/4).
    Menurut Made Kuta, himbauan pembatasan sosial dengan jaga jarak atau sosial distancing akibat dampak pandemi COVID-19 ini harus serius dilaksanakan. Masyarakat juga diberikan himbauan jika tidak sangat mendesak untuk mengajukan perizinan untuk menunda sementara permohonan izinnya demi mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. 
    Sampai saat ini portal perizinan tetap dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang ingin mengajukan perizinan,  tetapi masyarakat sudah sangat sadar dan sebagian besar sudah menunda untuk mengajukan perizinan.
    “Terkait pelayanan penerbitan IMB yang lazimnya membutuhkan tim teknis verifikasi lapangan, untuk saat ini verifikasi hanya dilakukan oleh tim dari dari DPMPTSP saja dengan batasan jumlah personil yakni 2-3 orang saja,” kata Made.
    Sementara itu, sampai saat ini pelayanan tetap dimulai dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 14.00 WITA dengan pembatasan staf yang melayani. Sistem piket juga berlangsung di DPMPTSP. Seluruh staf yang bertugas digilir dan staf yang tidak piket sewaktu-waktu dibutuhkan akan dihubungi via telepon atau Whatsapp.
    Made Kuta juga menambahkan, hari-hari ini sejak adanya himbauan Sosial Distancing  dalam satu hari DPMPTSP hanya mengeluarkan 2-3 izin IMB dan 4-5 izin usaha. “Jumlah ini tentu sangat jauh dari hari biasa yang bisa mengeluarkan lebih dari 20 IMB dan izin usaha,” imbuh Made Kuta.
    Pengusaha dan masyarakat sudah sangat patuh sekali dalam menunda permohonan perizinan yang sifatnya tidak Urgent. Hal ini terbukti dari jumlah masyarakat yang mengajukan perizinan berangsur mulai menurun.
    “Sebagai bentuk tanggung jawab, pelayanan tetap terus dilaksanakan dan pemohon tetap dapat mengecek melalui Web sejauh mana perizinan itu telah terselesaikan, dan terkait proses telah diperpendek untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di tengah pandemi ini,” pungkasnya.

    Penulis : Humas Buleleng

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Perizinan Buleleng


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV