Gelombang Laut Tinggi di Tabanan, Nelayan Selamatkan Jukung - Beritabali.com

News

Gelombang Laut Tinggi di Tabanan, Nelayan Selamatkan Jukung

Rabu, 27 Mei 2020 | 23:05 WITA

beritabali.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Gelombang tinggi di pantai selatan, membuat nelayan di Pantai Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan berbondong-bondong selamatkan jukung pada Rabu (27/5). Sebab tinggi gelombang yang mencapai 4 meter itu dikhawatirkan membuat jukung yang sedang parkir dihanyutkan ke laut.
Sejumlah nelayan pun bergotong royong menyelamatkan jukung mereka. Bahkan agar jukung tidak hanyut, nelayan memarkir armada mereka disisi jalan.
Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) di Tabanan I Ketut Arsana Yasa menjelaskan, tinggi gelombang Rabu pagi mencapai 4 meter. Hal itu membuat jukung nelayan yang sedang parkir terimbas dari hantaman gelombang.
Agar tidak rusak dan hanyut ke tengah laut, nelayan pilih memindahkan ke tempat aman. “Pagi-pagi semua nelayan gotong royong pindahkan jukung,” ungkapnya yang akrab disapa Sadam.
Bahkan untuk tidak terimbas parah, jukung nelayan ada yang terparkir di pinggir jalan. Namun tidak sampai mengganggu aktifitas warga yang lewat.  “Karena ombaknya tinggi, nelayan sejauh mungkin cari tempat aman untuk parkir agar tidak hanyut," imbuhnya.
Diterangkan Sadam, kondisi selamatkan jukung hampir dilakukan seluruh nelayan yang ada di Tabanan mulai dari Pantai Nyanyi, Kecamatan Kediri hingga Pantai Selabih Kecamatan Selemadeg Barat. Diperkirakan gelombang tinggai masih terjadi hingga tanggal 2 Juni mendatang karena tinggi gelombang baru terjadi sejak Selasa (26/5) sore.
Dengan adanya gelombang tinggi seluruh nelayanan Tabanan dilarang melaut sejak Rabu sore. Sebab situasi gelombang sangat berbahaya. Padahal saat ini nelayan sedang bersiap memanen ikan lemuru dan ikan tongkol. "Sekarang kita larang dulu melaut karena gelombang sangat berbahaya," ujarnya. 
 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Gelombang Tinggi Tabanan


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV