Terdampak Covid-19, Pemandu Arung Jeram Asal Rendang Beralih Mencari Kakul - Beritabali.com

News

Terdampak Covid-19, Pemandu Arung Jeram Asal Rendang Beralih Mencari Kakul

Minggu, 26 April 2020 | 13:30 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Seorang pemandu arung jeram (rafting) asal Desa Rendang, Karangasem kini beralih profesi mencari kakul (keong sungai) demi memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari akibat kebijakan dirumahkan oleh perusahaan.

Pilihan Redaksi

  • IKM Terdampak Covid-19, Putu Sriati Beralih Profesi Kuli Bangunan
  • Dirumahkan Karena Corona, Bagiana Banting Setir Bisnis Telur
  • Hal ini terpaksa dilakoni oleh I Wayan Artana Adi Putra sejak dua minggu terakhir pasca dirumahkan dari tempat bekerjanya di kawasan Ubud, Gianyar, Bali sebagai dampak merebaknya virus Covid-19. 
    Tak ada rasa ragu sedikit pun dibenaknya, apapun akan dilakukan oleh pria kelahiran 1990 ini untuk berusaha semampunya mengupayakan segala cara agar kebutuhan dapur serta kebutuhan kedua buah hatinya tetap tersedia.
    "Sebelumnya saya pemandu arung jeram tetapi dampak Covid-19 saya dirumahkan, saya melihat peluang ekonomi disana karena saya tidak mau hanya berpangku tangan menunggu uluran bantuan pemerintah sementara kebutuhan keluarga harus tetap tersedia," ujarnya.
    Ketika mencari keong, biasanya Wayan Artana turun ke sungai dan persawahan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Petak demi petak sawah di sekitar rumahnya dijejaki untuk mencari dan mengumpulkan keong satu persatu. 
    Dalam sekali turun, jika beruntung Artana mampu mengumpulkan keong hingga 10 sampai 20 kilogram. 
    Untuk setiap keong yang dikumpulkan, akan dijual dengan harga Rp.10 ribu per kilogram. Biasanya tak butuh waktu lama, keong hasil buruannya langsung ludes terjual bahkan banyak juga yang sudah memesan sehari sebelumnya.
     Keong sendiri biasanya bisa diolah menjadi sejumlah masakan seperti dijadikan sate dan digoreng bumbu pedas manis sesuai dengan selera.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pemandu Arung Jeram Dirumahkan


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV