Kesehatan

3 Posisi Tidur Yang Nyaman Saat Hamil

Senin, 01 Maret 2021 | 11:15 WITA
3 Posisi Tidur Yang Nyaman Saat Hamil

beritabali.com/ist/suara.com/3 Posisi Tidur Yang Nyaman Saat Hamil

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Selama masa kehamilan, ibu hamil seringkali merasa tidak nyaman dalam berbagai posisi. Ibu hamil kerap tidak bisa menemukan posisi tidur yang baik dan nyaman, sehingga menjadi kurang tidur dan akibatnya kelelahan sepanjang hari. Tentu hal ini juga kurang baik bagi janin.
Selain posisi tidur yang nyaman, ibu hamil juga harus mengetahui posisi tidur yang baik dan menyehatkan janin. Jika ibu hamil merasa tidak nyaman, maka janin di dalam kandungannya pun akan ikut merasakan apa yang ibunya rasakan. Oleh karena itu, ibu hamil diharapkan dapat tidur dengan nyaman dan tidak merasa terganggu.
Perubahan tubuh secara fisik maupun hormon dapat menyebabkan ketidaknyamanan ini. Untuk mengatasinya, ada beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil untuk mendapatkan tidur berkualitas yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.
3 Posisi Tidur yang Baik dan Nyaman untuk Ibu Hamil
Tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai macam perubahan yang dapat mengganggu tidur. Perut yang ukurannya membesar, sakit punggung, rasa mulas di perut, sesak nafas, hingga insomnia wajar dialami oleh ibu hamil, terutama menjelang trimester akhir. Nah, untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang muncul ketika tidur, bumil bisa mencoba beberapa posisi tidur berikut ini.
1. Posisi Tidur Miring ke Kiri
Posisi tidur saat hamil yang berbaik adalah posisi miring ke kiri. Tidur miring ke kiri akan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke plasenta dan bayi. Dengan posisi ini, liver atau hati juga tidak akan tertekan oleh perut yang sudah membesar.
Ketika berbaring, letakkan bantal di bawah perut atau di antara lutut sebagai tumpuan pada perut dan punggung pada posisi miring. Bantal tersebut juga dapat mencegah tubuh berganti posisi, misalnya menjadi tengkurap secara tidak sadar ketika sedang tidur.
2. Tidur Terlentang
Posisi ini bisa dicoba ketika ibu hamil mengalami heartburn atau rasa mulas pada perut di malam hari. Tempatkan sebuah bantal empuk di bawah dada kemudian berbaringlah dalam posisi terlentang untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut.
3. Disangga dengan Menggunakan Bantal

BACA JUGA:

ong>
Keluhan sesak napas seringkali dialami ibu hamil, terutama jika sudah memasuki trimester akhir. Jika mengalami sesak napas, sebaiknya ibu hamil jangan panik dan cobalah untuk berbaring miring dengan disangga bantal. Tidak apa-apa ketika tubuh secara alami berguling dari posisi miring menjadi terlentang saat tidur. Biarkan tubuh bergerak mencari posisi yang nyaman daripada bangun setiap kali berganti posisi.
Ibu hamil membutuhkan tidur dan istirahat yang cukup. Tak perlu kuatir karena tubuh dengan sendirinya akan memberi sinyal jika posisi tidur dirasa kurang baik atau kurang nyaman. Semoga informasi ini berguna untuk Anda yang sedang mencari posisi tidur yang baik dan nyaman untuk ibu hamil.(sumber: suara.com)
 

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : 3 Posisi Tidur Yang Nyaman Saat Hamil Denpasar Bali Beritabali


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV