Terungkap, Jual Beli Surat Keterangan Kesehatan untuk Mudik di Gilimanuk - Beritabali.com

Hukrim

Terungkap, Jual Beli Surat Keterangan Kesehatan untuk Mudik di Gilimanuk

Kamis, 14 Mei 2020 | 20:00 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Di tengah pandemi wabah Covid-19, ada saja yang memanfaatkan celah untuk mencari keuntungan ketika Surat Keterangan Sehat diperjualbelikan untuk bisa mudik ke Jawa sebagai persyaratan. 

Pilihan Redaksi

  • 737 Pemudik Diminta Balik di Pos Penyekatan Selabih Tabanan
  • Koster Minta Pusat Fasilitasi Mudik Tenaga Proyek yang Menganggur di Bali
  •  
    Kejadian ini terungkap berawal  pada Rabu lalu seorang calon pemudik bernama Moh Rois asal Madura tiba di Gilimanuk. Kemudian Saat membeli minuman ada seseorang yang tidak dia kenal menanyakan dokumen kelengkapan untuk menyeberang ke Jawa yaitu Surat Keterangan Kesehatan.
     
    Dikarenakan dia tidak membawa surat kesehatan selanjutnya dia diarahkan untuk membuat surat di bidan/ dokter. Kemudian dia dan temannya mencari bidan / dokter praktek di seputaran Gilimanuk. Namun tidak ada satupun yang buka praktik. Selanjutnya Moh Rois diarahkan oleh salah seorang masyarakat untuk ke Puskesmas Gilimanuk. 
     
    Namun di Puskesmas mereka tidak dilayani lantaran sudah malam, disarankan petugas medis untuk mencari surat keterangan besok harinya. Di saat kembali di tempat membeli minuman di Pasar Gilimanuk ada seseorang yang tidak dikenal menawarkan Surat Keterangan Kesehatan kepada Moh Rois, selanjutnya orang yang menawarkan tersebut menelpon seseorang.
     
    Terjadilah transaksi ilegal tersebut, 2 pelaku inisial PSP dan GMN dari Kuta Badung sepakat menjual dengan harga 100 ribu kepada korban. Tidak berselang lama Moh. Rois diamankan oleh petugas beserta kedua pelaku beserta barang buktinya. 
     
    Barang bukti yang diamankan berupa surat keterangan yang ditandatangani seorang dokter beralamat dari Denpasar, uang Rp100.000, 6 lembar blangko surat keterangan kesehatan kosong, HP dan sepeda motor. 
     
    Kasus laporan dugaan pemalsuan surat keterangan kesehatan masih dilakukan pendalaman. "Kasus ini masih kita dalami," terang Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gde Adi Wibawa.   

    Penulis : Kontributor Jembrana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Surat Keterangan Sehat Mudik


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV