Imbau Sholat Id di Rumah, Kapolda Bali: Demi Masa Depan Anak Cucu Kita - Beritabali.com

News

Imbau Sholat Id di Rumah, Kapolda Bali: Demi Masa Depan Anak Cucu Kita

Rabu, 20 Mei 2020 | 22:35 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose bersilahturahmi dengan tokoh ormas Islam di Bali bertempat di ruangan Lounge Andalan Mapolda Bali, Rabu (20/5/2020). 

Pilihan Redaksi

  • Sholat Idul Fitri di Buleleng Dilaksanakan di Rumah Masing-Masing
  • Buleleng Atur Skema Perayaan Idul Fitri Tetap Ikuti Protokol Covid-19
  • Dalam pertemuan itu membahas soal pelaksanaan malam takbiran dan Sholat Id Idul Fitri di tengah wabah pandemi covid-19. Pertemuan yang sudah menerapkan protap kesehatan pencegahan covid-19 itu dihadiri langsung Ketua MUI Provinsi Bali, H. M. Taufiq As’Adi, S.Ag, Ketua DMI Provinsi Bali, H. Bambang Santoso, S.Pd.I., Ketua PW NU Provinsi Bali, K.H. Abdul Aziz., Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Bali, H. Aminulah, Ketua LDII Prov. Bali, H. Kafilari, S.E., Kabid Binmas Departemen Agama Provinsi Bali, H, Nurkhamid serta pejabat utama Polda Bali.
    Di pertemuan, Kapolda menyerahkan sepenuhnya kepada para tokoh ormas Islam untuk membuat kesepakatan bersama agar perayaan Idul Fitri di wilayah Provinsi Bali tidak ada perbedaan. Mulai, dari pelaksanaan Sholat Ied hingga kegiatan bersilaturahmi. Irjen Golose juga menyampaikan terkait hasil video conference dengan pemerintah pusat, pada Senin (18/5/2020). 
    Dari hasil video conference, kata jenderal bintang dua di pundak itu disimpulkan bahwa sesuai dengan Permenkes 9/2020 kegiatan agama yang bersifat massive (mengumpulkan massa yang banyak) dilarang untuk dilaksanakan. Artinya, himbauan pemerintah pusat bahwa kegiatan Sholat Idul Fitri sedianya dilaksanakan di rumah masing-masing.
    "Pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilaksanakan di rumah masing-masing sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Demi masa depan anak cucu kita agar darurat kesehatan yang terjadi saat ini tidak menjadi darurat sosial ekonomi dan darurat keamanan," tegas Kapolda.
    Jenderal asal Manado Sulawesi Utara itu kembali menegaskan bahwa pandemi covid-19 saat ini telah menjadi pandemi global. Sementara, di Bali sendiri setiap harinya kasus positif covid-19 meningkat. Bahkan, saat ini transmisi lokal cukup tinggi berapa pada angka 38 persen. 
    "Jadi, apabila Sholat Idul Fitri tetap dilaksanakan, maka petugas akan melakukan sesuai dengan protocol kesehatan secara ketat," tegas Kapolda.
    Sementara dalam sambutan Ketua MUI Provinsi Bali, H. M. Taufiq As’Adi, S.Ag, pada intinya menyetujui himbauan pemerintah pusat untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing. Hal tersebut juga demi kesehatan masyarakat Bali.
    Namun pelaksanaannya sebaiknya dilaksanakan serempak di seluruh Bali. "Seperti yang diketahui bahwa Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana memberikan ijin melaksanakan Sholat Idul Fitri berjamaah," ujarnya.
    Dukungan juga mengalir dari Ketua LDII Prov. Bali, H. Kafilari, S.E,. Ia menyetujui imbauan pemerintah pusat untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing-masing. Diungkapkannya, dari hasil rapat dengan tokoh agama Muslim di Provinsi Bali beberapa waktu lalu, ada 4 poin kesepakatan/seruan kepada umat Muslim di Bali.
    Yakni, pertama untuk Sholat Idul Fitri di rumah. Kedua, tidak ada pelaksanaan pawai takbir keliling, takbiran hanya dilakukan petugas masjid dan sangat terbatas. Ketiga, tidak menjadwalkan petugas khotib dan imam dalam pelaksanaan Sholat Ied. Terakhir, tidak melakukan silahturahmi dengan berkumpul banyak orang. "Silahturahmi dapat dilakukan secara online," tegas Kafilari. 

    Penulis : Surya Kelana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kapolda Bali Sholat Id Idul Fitri


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV