Disperindag Provinsi Pantau Penerapan Normal Baru di Pasar Umum Gianyar - Beritabali.com

Informasi

Disperindag Provinsi Pantau Penerapan Normal Baru di Pasar Umum Gianyar

Jumat, 10 Juli 2020 | 12:10 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Memasuki fase normal baru atau new normal yang serentak dimulai di Bali kemarin (9/7), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali melakukan peninjauan ke relokasi Pasar Umum Gianyar di Desa Samplangan dan di Pasar Desa Keramas Blahbatuh Gianyar, pada Jumat (10/2). 

Pilihan Redaksi

  • Normal Baru, Satpol PP Gianyar Pantau Protokol Kesehatan di Sejumlah Pasar
  • Restoran di Gianyar Ini Punya 250 Lubang Biopori
  • GGTP Covid-19 Gianyar Pantau Kesiapan Tirta Empul Saat Banyupinaruh
  • Kedatangan tim dari Disperindag provinsi tujuannya adalah melihat kesiapan kabupaten dalam menerapkan SE Gubernur Bali Nomor 3355 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era baru khususnya di pasar tradisional.  
    Kepala Disperindag Provinsi Bali yang diwakili Sekdis Perindag Nyoman Putra Astawa pada kesempatan itu menegaskan ada beberapa yang perlu diperhatikan agar tidak merebak kasus atau klaster di pasar. Selain penerapan protokol kesehatan secara ketat seperti pemakaian masker, tempat cuci tangan dan jaga jarak. 
    Yang tidak kalah pentingnya adalah harus diberlakukan strategi jam buka dan tutup pasar, sehingga terjadi pergeseran. Masyarakat tidak menumpuk di pasar namun mereka memanfaatkan pedagang atau warung yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
    “ Dengan berlakunya jam buka atau tutup pasar dapat mengurangi kerumunan di pasar yang biasanya terjadi pada pagi hari,” jelas Putra Astawa.
    Ditambahkan, dengan berlakunya SE ini semua protokol kesehatan akan menjadi role model kehidupan kita di era baru. Khusus untuk di pasar, harus ada posko terpadu atau satgas penanganan covid yang dikepalai oleh kepala pasar. Ini sebagai bentuk sinergi kita dalam menerapkan protokol kesehatan di pasar. Masyarakat harus dipaksa untuk menaati protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. 
    Karena jika tidak dipaksakan mereka tidak akan terbiasa. Memakai masker ini harus dijadikan trend dalam tatanan kehidupan baru ini. Sekarang diharapkan pada pengelola pasar agar masker dijadikan properti wajib di lingkungan pasar,  pedagang wajib membawa hand sanitizer sebagai properti pribadi, dan  thermogun atau pengecekan suhu wajib ada.  
    Yang tak kalah pentingnya menurut Putra Astawa, saat penyusunan protokol kesehatan di pasar tradisional ada 3 pelaku di pasar yang wajib memperhatikan protokol kesehatan, yaitu pengelola berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana, pedagang dan pengunjung. Yang sering dilupakan menurut Putra Astawa adalah distributor yang keluar masuk pasar mendistribusikan barang, yang kebanyakan datang dari luar dan mungkin berasal dari zona merah. Sangat penting diperhatikan adalah jam keluar masuk mereka membawa barang ke pasar.

    Penulis : Humas Gianyar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Normal Baru Pasar Umum Gianyar Disperindag Protokol Kesehatan


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV