Menteri Luhut Dukung Terapi Arak Bali untuk Obat Covid-19 - Beritabali.com

News

Menteri Luhut Dukung Terapi Arak Bali untuk Obat Covid-19

Jumat, 14 Agustus 2020 | 13:10 WITA
Luhut Binsar Pandjaitan, Covid-19 di Bali, arak Bali, kearifan lokal

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung kearifan lokal dalam upaya proses penyembuhan pasien Covid-19 seperti di Bali contohnya dengan araknya. 

Pilihan Redaksi

  • Koster Perjuangkan Hak Paten Arak Bali ke Kemenkumham RI
  • Koster Minta Setiap "Dinner" Wisatawan Wajib Dijamu Arak Satu Seloki
  • Diplomasi Tos Arak Bali, Koster Kampanyekan Produk Lokal di Hadapan 2 Menteri
  • Meski ia tidak meyakini, namun jika melihat kenyataannya dalam dua pekan terakhir angka penyebaran Covid-19 di Bali terpantau menurun. 
    "Gubernurnya mengatakan ada herbal daerah, meminum arak dari mereka. Entah benar entah tidak, yang penting kelihatan turun, saya dukung saja lah," ujar Luhut dalam konferensi video, Kamis, 13 Agustus 2020 seperti dikutip dari Tempo.co.
    Selain di Bali, Luhut juga mendukung minuman herbal racikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang diklaim bisa menyembuhkan pasien Covid-19. "Jadi itu kearifan sosial masing-masing. Sama dengan Ibu Risma di Surabaya. Beliau membuat jus dari herbal manggis dan sebagainya dan ribuan yang sembuh."
    Menurut dia, ramuan-ramuan tradisional tersebut tidak pernah diperhitungkan oleh orang asing. Bahkan Indonesia kerap tidak dipercaya mengenai alternatif pengobatan tersebut. Padahal Indonesia memiliki banyak kearifan lokal.
    "Yang seperti ini menjadi yang tidak dihitung oleh orang asing bahwa di Indonesia banyak hal-hal yang aneh. Bahkan disebutkan kita membohongi. Tapi kearifan lokal kan suka-suka dia," ujar Luhut.
    Berdasarkan peta sebaran di covid.go.id pada Rabu, 12 Agustus 2020, kasus positif Corona di Bali tercatat 3.892 kasus. Sebanyak 455 pasien sedang dalam perawatan atau isolasi mandiri, 3.388 orang sembuh, dan 49 orang meninggal. 
    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bali menggunakan terapi arak dalam kasus Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) atau asimtomatik. Terapi arak Bali diklaim sangat efektif dan telah diterapkan di sejumlah tempat karantina yang dikelola pemerintah provinsi setempat.
    "Yang baru kena positif, dua hari dilakukan 'treatment' ini, pada hari ketiga negatif dan sembuh," kata Gubernur Bali Wayan Koster di sela-sela peluncuran Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15036 Tahun 2020 tentang Program Pasar Gotong Royong Krama Bali, di Kediaman Jayasabha, Denpasar, Rabu 22 Juli 2020.
    Menurut Koster, terapi atau usada (pengobatan tradisional Bali) dengan menggunakan bahan dasar arak Bali yang sudah didestilasi khusus itu secara keseluruhan sudah diujicoba kepada ratusan orang.
    Campurannya disebutkan ekstraksi daun jeruk purut (lemon), kemudian dikasi minyak kayu putih. "Ternyata sekarang sembuhnya sudah meningkat jauh bagi mereka yang dirawat di tempat karantina," ucapnya.
    Koster mengklaim dirinya sendiri yang memprakarsai terapi menggunakan arak Bali untuk pengobatan Covid-19 lalu menugaskan seorang peneliti untuk membuat ramuannya. Uji laboratorium, kata dia, juga telah dilakukan. "Awalnya dari 19 sampel, yang sembuh 15, dinaikkan sampel 40, 100, dan 200, hampir 80 persen sembuh dengan 'treatment' ini," ujarnya lagi.
    Untuk terapi pengobatan Covid-19 itu, lanjut dia, arak yang sudah diekstrasi jeruk purut itu tidak diminum, tetapi uapnya dihirup menggunakan alat tertentu yang sudah disiapkan (nebulizer). "Saya tiap mau tidur juga hirup-hirup itu," kata mantan Anggota DPR RI tiga periode itu.

    Penulis : Media Network

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Luhut Binsar Pandjaitan Covid-19 Di Bali Arak Bali Kearifan Lokal


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV