Pola Pembelajaran Kelompok Berisiko Penularan Covid-19 - Beritabali.com

News

Pola Pembelajaran Kelompok Berisiko Penularan Covid-19

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 09:00 WITA
kerja kelompok, rentan, protokol kesehatan, anak-anak

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Pengamat pendidikan, I Made Pria Dharsana,.SH. M. Hum menanggapi adanya beberapa sekolah yang telah menerapkan kerja kelompok bagi anak didiknya di tengah meningkatnya jumlah kasus Covid-19 saat ini.

Pilihan Redaksi

  • Mengatasi Demam Pada Anak Saat Pandemi Covid-19
  • Pandemi Covid-19, Jumlah Perokok Anak Naik di Atas 9%
  • 12 Anak NTB Berprestasi Ikuti Asian International Festival
  • Menurutnya dengan cara melakukan aktivitas belajar kelompok secara berpindah-pindah dari satu rumah orang tua murid lainnya ke rumah orang tua murid selanjutnya tentu hal tersebut sangat rentan menimbulkan penularan baru. Jika bisa, lanjutnya, lebih baik jangan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk saat ini. Apalagi, saat ini telah kembali adanya peningkatan jumlah kasus di beberapa daerah di Bali. 
    "Terkadang anak-anak bisa saja kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Yang mana, anak-anak terkadang tidak menyadari betapa pentingnya protokol kesehatan tersebut bagi dirinya," jelasnya, Jumat (14/8/2020) di Badung.
    Dirinya mencontohkan, bisa saja anak-anak tidak melakukan cuci tangan, buka tutup masker serta bisa saja menyentuh wajah. Kemudian, belum lagi diketahui apakah orang-orang di lingkungan tempat anak belajar kelompok tersebut telah benar-benar steril atau apakah semua orang dalam lingkungan rumah tersebut telah melakukan protokol kesehatan dengan disiplin.
    "Terkadang bisa saja hal-hal tersebut lepas dari pantauan masing-masing orang dari anak didik tersebut. Menurut saya, tentu hal tersebut akan menjadi lebih berbahaya lagi. Sebenarnya, hal tersebut harus kita hindari dalam kondisi seperti saat ini," paparnya.
    Ia menganjurkan para guru agar tidak melakukan pembelajaran bersama (kelompok) dan lebih baik terapkan pembelajaran melalui online yang lebih aman.
    "Saya rasa pembelajaran online lebih aman, dan tidak beresiko menularkan virus kepada anak-anak," ucapnya.
    Dia menambahkan kemungkinan bisa saja terjadi gelombang kedua di indonesia nantinya. Tentunya, peran kita bersama-sama berkontribusi mengurangi penularan pandemi ini ke orang-orang lebih luas lagi.

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kerja Kelompok Rentan Protokol Kesehatan Anak-anak


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV