Kelompok Pengolahan Ikan Perlu Diedukasi Pengoperasian Mesin Pendingin - Beritabali.com

Akademika

Kelompok Pengolahan Ikan Perlu Diedukasi Pengoperasian Mesin Pendingin

Selasa, 22 September 2020 | 22:30 WITA
kelompok pengolahan ikan, mesin pendingin, standar operasional prosedur, refrigerasi

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Untuk mengakomodir hasil tangkapan ikan khususnya di kelompok pengolahan ikan atau para nelayan dalam jumlah banyak tentu dibutuhkan unit atau tempat penyimpanan yang mendukung seperti Cold Storage atau unit mesin pendingin berkapasitas besar yang mampu mendinginkan ikan di bawah titik beku.

Pilihan Redaksi

  • NTB Provinsi Pertama Punya Samsat Perijinan Kapal Perikanan
  • Ikan dan Udang Picu Naiknya Kinerja Ekspor Bali 5,38%
  • Meskipun demikian, terdapat kendala yang dihadapi terkait pengoperasian mesin tersebut seperti SDM yang belum mumpuni, belum memiliki pengetahuan bagaimana melakukan perawatan serta belum memiliki standar operasional prosedur pengolahan ikan dengan mesin pendingin.
    Untuk itu, salah satu Pelaksana Udayana Mengabdi beserta tim Ir. I Nengah Suarnadwipa, MT turun langsung dengan kepakaran yang dimiliki khususnya di bidang refrigerasi untuk melakukan advokasi.
    "Refrigerasi merupakan dasar ilmu yang mempelajari mesin pendingin dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, termasuk perinsip kerja, prosesnya, komponennya termasuk fluida pendingin," jelasnya saat saat ditemui di kediamannya di Denpasar, Selasa (22/9).
    Dengan demikian tentu solusi permasalahan yang telah dilakukan terkait dengan permasalahan tersebut adalah langsung memberi pengetahuan teoritis tentang mesin pendingin, memberi kemampuan advokasi berupa praktek langsung mengenai standar operasi mesin, memberi kemampuan advokasi cara mengetahui trouble shooting, dan memberikan pengetahuan pentingnya pengolahan ikan dengan benar sehingga akan diketahui dampak jika mengolah ikan tersebut dengan benar tersebut.
    "Dengan demikian tentu, dari solusi permasalahan yang ditawarkan dapat meningkatkan rekayasa sosial kelompok usaha pengolahan ikan serta pengetahuan, sehingga unit dapat dipelihara dengan baik serta membuat umur unit juga bisa lebih panjang," tutupnya.

    Penulis : Agung Gede Agung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kelompok Pengolahan Ikan Mesin Pendingin Standar Operasional Prosedur Refrigerasi


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV