8 Orang Terjaring Razia Masker Langsung Disanksi Rp100 Ribu - Beritabali.com

Hukrim

8 Orang Terjaring Razia Masker Langsung Disanksi Rp100 Ribu

Jumat, 18 September 2020 | 23:00 WITA
razia masker, protokol kesehatan, terjaring, sanksi administrasi

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Wabah pandemi covid-19 meningkat di Bali, jajaran Polresta Denpasar dan Polsek-Polsek bergerak cepat melakukan sosialisasi dan razia masker ke masyarakat. 

Pilihan Redaksi

  • Sosialisasi Perda Wajib Masker ke Berbagai Layanan Publik
  • Satpol PP Denpasar Sidak Masker dan Segel Bangunan Tanpa Izin
  • Sidak Masker di Sukawati: 34 Orang Ditegur, Nihil Kena Denda
  • Seperti yang berlangsung, pada Jumat (18/9/2020), jajaran kepolisian dibantu anggota TNI dan Satpol PP serentak melakukan razia masker di beberapa titik lokasi. 
    Razia yang dilaksanakan sesuai Pergub Nomor 46 tahun 2020 dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 ini dipimpin langsung Kapolresta Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. 
    Tim gabungan langsung menyasar beberapa titik ruas jalan di Kota Denpasar. Seperti di Jalan Dewi Sartika, Jalan Diponegoro, Jalan Hasunudin, Jalan Thamrin, Jalan Gajah Mada, Jalan Veteran, Jalan Patimura. Selanjutnya Jalan WR Supratman, Jalan Nusa Indah, Jalan Hayam wuruk, dan Jalan Raya Puputan Renon. 
    Tampak, di sejumlah titik yang disasar itu sebagian besar masyarakat sudah mematuhi protokol kesehatan. Namun masih ada juga yang belum menerapkan protokol kesehatan
    Sementara dalam razia masker itu, 8 orang yang terjaring tidak menggunakan masker. Selanjutnya, Petugas Satpol PP Kota Denpasar memberikan sanksi administrasi sebesar Rp 100.000 per orang. Penindakan ini sudah sesuai dengan Pergub. 
    Tidak hanya penindakan, tim lainnya juga melakukan sosialisasi dengan menggunakan sarana mobil. Di mobil tersebut, petugas menggunakan pengeras suara meminta masyarakat mengenakan masker agar terhindar dari penularan covid-19. 
    Sedangkan dalam razia di Jalan Teuku Umar, Jalan Mahendradatta, dan Jalan Gunung Agung, 8 warga kedapatan tidak menggunakan masker. Namun mereka tidak dikenakan sanksi administrasi tapi hanya diberikan teguran lisan. 
    Disela-sela razia, Kombes Jansen mengatakan tujuan razia ini untuk mendukung Pergub Bali Nomor 46 tahun 2020 dan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 48 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum terkait protokol kesehatan. "Jadi, masalah ini harus kita tangani secara serius dan bersama-sama," tutur Kombes Jansen.
    Dijelaskannya, razia yang digelar Polsek Denpasar Selatan menemukan 5 orang pelanggar. Namun para pelanggar ini tidak dikenakan sanksi administrasi. Sementara di wilayah Polsek Kuta juga menjaring 5 orang pelanggar.
    Di Polsek Kuta Selatan menjaring 4 orang pelanggar yang tidak pakai masker. Semuanya hanya diberikan teguran lisan. Sementara di Polsek Denpasar Barat dan Polsek KP3 Ngurah Rai tidak ditemukan pelanggar. 
    "Dalam protokol kesehatan ini tidak hanya tentang pakai masker. Tapi ada cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Dalam operasi juga kita menyasar tempat usaha yang tidak menyediakan air cuci tangan yang representatif," ungkapnya. 

    Penulis : Surya Kelana

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Razia Masker Protokol Kesehatan Terjaring Sanksi Administrasi


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV