Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Bali Menipis, Ini Respon Kadiskes - Beritabali.com

News

Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Bali Menipis, Ini Respon Kadiskes

Kamis, 10 September 2020 | 19:30 WITA
Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Bali Menipis, Ini Respon Kadiskes

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pemerintah Provinsi Bali melalui Gugus Tugas mengevaluasi skema rujukan pasien akibat melonjaknya kasus positif yang berdampak pada menipisnya ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit rujukan. Tercatat Dari 783 tempat tidur di semua rumah sakit, saat ini telah terpakai 668.
"Kami sudah membentuk satu tim managemen untuk distribusi rujukan yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga flow pasien kita atur, pasien yang dengan gejala berat, itu kita distribusikan ke Sanglah. Pasien yang sedang, itu ke RSPTN Unud, RS Bali Mandara dan RS di daerah," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) provinsi Bali, Ketut Suarjaya saat ditemui Rabu (9/9) di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. 
Bagi pasien dengan gejala ringan, kata dia, akan didistribusikan ke 55 rumah sakit lain di seluruh Bali. Langkah lainnya, yakni menambah jumlah tempat tidur di seluruh rumah sakit, beserta tenaga medis. Dan, mengintensifkan terapi plasma konvalesen. Pihaknya juga akan menambah kapasitas alat dan tenaga medis untuk sistem terapi plasma konvalesen. 
Kata dia, sebelumnya hanya RSUP Sanglah dan RSPTN Unud yang dapat melakukan pengambilan, namun kini akan dikembangkan di RS Bali Mandara. 
"Tentu diikuti dengan SDM-nya, di tiga rumah sakit ini SDM-nya cukup, pembiayaan juga telah disiapkan," ungkapnya. 
Terapi plasma konvalesen sempat dilakukan jajaran Kodam IX/ Udayana, Agustus lalu. 
Terdapat 28 personel Kodam IX/Udayana yang menyumbang plasma konvalesen secara cuma-cuma. Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara menyebutkan saat ini terdapat 200 pasien yang telah sembuh dari Covid-19 yang siap mendonorkan plasmanya. 
"Saya kira ini potensi yang bagus bagi Bali, untuk bisa mengambil plasma," ujarnya. 
Dia menegaskan, Kodam IX/ Udayana sebagai bagian dari Gugus Tugas akan berupaya optimal untuk mendukung pemerintah. Salah satunya untuk mengedukasi masyarakat yang bersedia mendonorkan plasmanya secara sukarela. 
"Babinsa kita sudah mendatangi masyarakat yang sudah bersedia mendonorkan plasmanya," pungkas Pangdam. 

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Tempat Tidur Tenaga Medis Kadiskes Plasma Konvalesen


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV