Informasi

NTB Dinobatkan Sebagai Pemprov Informatif 2020 oleh KI Pusat

Sabtu, 28 November 2020 | 12:05 WITA
NTB Dinobatkan Sebagai Pemprov Informatif 2020 oleh KI Pusat

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Komisi Informasi (KI) Pusat RI, menobatkan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai Pemerintah Provinsi (Pemprov) berkualifikasi informatif tahun 2020. 
Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfotik NTB, Iwan Sapta Tarun SE mengatakan, komitmen selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Serta menghadirkan berbagai produk pelayanan informasi, menghantarkan NTB meraih prestasi ini.
"NTB sebagai badan publik, mengedepankan kolaborasi dan inovasi pada produk-produk layanannya. Kita berkomitmen penuh untuk terbuka dan hadir untuk masyarakat," ujar Iwan, Kamis (26/11). 
Dijelaskan, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dikenal aktif di media sosial. Sehingga perangkat daerah juga terpacu dalam menyebarluaskan informasi pembangunan NTB. Hal ini mencerminkan misi NTB yang terus berusaha untuk menjadi daerah yg bersih dan melayani. Dengan menerapkan Prinsip Good Governance
"Gubernur kita mencontohkan sosial media bisa digunakan sebagai wadah untuk menyebarkan informasi seluas-luasnya dan berinteraksi melayani masyarakat dengan cepat," ungkap Iwan.
Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020, KI Pusat melakukan monitoring hingga evaluasi (monev) kepada seluruh 348 Badan Publik se-Indonesia. Tahapan monev dimulai dari sosialisasi, monitoring, hingga evaluasi dengan menggunakan kuesioner. 
Dengan beberapa indikator seperti pengembangan website terkait dengan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi). Dan Pengumuman Pelayanan penyediaan informasi publik. Sehingga dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh masyarakat. Dengan maksud agar masyarakat merasakan manfaat dari adanya keterbukaan informasi publik.
Dalam penilaian oleh KI Pusat, Pemprov NTB memiliki berbagai inovasi dalam layanan publik. Diantaranya NTB Care, NTB Satu Data, SIAGA, dan SIP Posyandu. NTB Care Aplikasi Mobike menjadi mata, telinga dan tangan Pemprov NTB untuk menangkap, memahami, dan merespon pengaduan masyarakat.
Selain penghargaan Keterbukaan Informasi Publik, NTB juga mendapatkan apresiasi komunitas internasional 'Global Open Government Patnership (OGP) di Washington DC Amerika Serikat. Untuk hal menjalankan pemerintahan yang transparan.

Penulis : Kominfo NTB

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Pemprov NTB Kualifikasi Informatif Komisi Informasi NTB


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV