Luhut ke Koster: Bali Jangan Andalkan Turis Saja - Beritabali.com

News

Luhut ke Koster: Bali Jangan Andalkan Turis Saja

Rabu, 07 Oktober 2020 | 18:40 WITA
Luhut, Koster, sektor pariwisata, Bali, turis

beritabali/suara.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Luhut Binsar Pandjaitan, selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi meminta Gubernur Bali I Wayan Koster untuk tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata dalam membuka lapangan pekerjaan.

Pilihan Redaksi

  • Menko Luhut Khawatir Muncul Klaster Baru Covid-19 Akibat Cuaca Ekstrem
  • Gubernur Koster Minta Pjs Bupati Karangasem Netral di Pilkada
  • Gubernur Koster Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke-75 di Kodam IX/Udayana
  • Hal ini lantaran hampir 100 ribu pekerja sektor pariwisata terkena PHK akibat pandemi virus corona atau Covid-19.
    "Kesepakatan kita juga bahwa Bali jangan andalkan turis saja," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/10/2020) dikutip dari Suara.com.
    Menurut Luhut sudah seharusnya perekonomian Bali tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata saja, tetapi ada potensi ekonomi yang lain yang bisa digarap pulau dewata tersebut.
    "Tapi juga peternakan ikan, menyangkut masalah diving dan seterusnya. Sehingga Bali punya diversifikasi turis, tidak hanya Bali-nya saja," katanya.
    Bahkan kata dia perekonomian Bali babak belur dihajar pandemi virus corona atau Covid-19, karena wisatawan mancanegara yang datang anjlok 99 persen.
    "Bali merugi sekitar Rp 9 triliun perbulan, pertumbuhan ekonominya juga pada triwulan 1 tahun ini -1,14 persen dan merosot ke angka -10,98 persen pada triwulan kedua," paparnya.
    Maka dari itu salah satu langkah yang saat ini ditempuh adalah bagaimana segera menyelamatkan perekonomian nasional dari pandemi lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya melalui taman terumbu karang Indonesia (ICRG).
    "Hari ini pemerintah Indonesia meluncurkan program Ekonomi nasional Padat Karya melalui restorasi terumbu karang yang dipusatkan pada perairan Nusa Dua di samping daerah lainnya Sanur Serangan," katanya.
    Luas lahan yang mengalami restorasi kata dia luasnya mencapai 50 hektar, ini Luhut merupakan kegiatan restorasi terumbu karang yang terluas terbesar yang pernah dilakukan Indonesia.
    "Dan ini berlanjut dan saya sudah laporkan ke presiden tahun depan kalau bisa kita melakukan mungkin beberapa ratus hektar lagi untuk terumbu replanting terumbu karang Ini," katanya.
    Lebih lanjut dirinya menerangkan program tersebut bakal melibatkan 11.327 ribu pekerja lokal yang memiliki kompetensi.
    “ICRG menyerap 11,3 ribu tenaga kerja sekaligus menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memperbaiki ekosistem laut melalui restorasi terumbu karang,” ujarnya.

    Penulis : Media Network

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Luhut Koster Sektor Pariwisata Bali Turis


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV