Denpasar Target Tes Usap Massal 143 Orang per Hari - Beritabali.com

News

Denpasar Target Tes Usap Massal 143 Orang per Hari

Kamis, 29 Oktober 2020 | 16:55 WITA
tes swab, Denpasar, tes swab massal, tracing

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Pemerintah Kota Denpasar menargetkan tes swab massal yang dilakukan di Puskesmas keseluruhan wilayah Denpasar sebanyak 143 orang per hari.

Pilihan Redaksi

  • 11 Puskesmas di Denpasar Siapkan Layanan Tes Swab Gratis
  • Kasus Pasien Covid-19 di Denpasar Sembuh Menurun, Ini Datanya
  • Kasus Covid-19 di Denpasar Didominasi Klaster Perjalanan Dalam Daerah
  • Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan pihaknya mulai menggencarkan tes swab massal untuk penelusuran kontak terdekat dengan pasien positif Covid-19. Ia menyatakan tes swab yang tanpa dipungut biaya alias gratis ini akan terus berlangsung hingga jumlah kasus Covid-19 di Denpasar melandai.   
    "Kita akan terus meningkatkan tracing dan kapasitas uji lab PCR untuk dapat segera memutus rantai penularan covid-19," ujarnya ketika dikonfirmasi, Kamis (29/10/2020) di Denpasar.
    Terkait dengan alat PCR, sejauh ini Denpasar yang menjadi ibukota provinsi Bali ini masih menjadi satu dengan provinsi, diantaranya di RSUP Sanglah, RS Bali Mandara, dan Universitas Warmadewa. Ia mengonfirmasi bahwa pada bulan november mendatang akan bertambah dengan beroperasi lab PCR di RS Wangaya.
    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr. Luh Putu Sri Armini, menjelaskan tes swab gratis secara keseluruhan akan tersedia di 11 Puskesmas di wilayah Denpasar. Hal tersebut dilakukan untuk penelusuran kasus atau tracing dari warga yang sempat kontak erat agar cepat diketahui yang positif sehingga cepat bisa ditangani dan ditindaklanjuti.
    "Nanti yang akan kami sasar semua yang sempat kontak erat dengan pasien covid positif atau yang suspek. Yang mana, pelaksanaannya akan dilaksanakan di semua Puskesmas atau 11 puskesmas dan akan terus dilaksanakan selama pandemi di kota Denpasar," ujarnya, Selasa (27/10/2020).
    Armini mengimbau, bagi masyarakat yang sempat kontak erat 2 hari sebelum pasien bergejala dan 14 kedepan dipersilakan untuk swab ke puskesmas terdekat dengan bukti ada hasil positif yang diajak kontak erat.
    Terutama bagi masyarakat yang ada gejala mual, muntah, pusing, panas, batuk dan pilek untuk segera berobat dan melakukan swab. Pihaknya juga berpesan agar penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan disiplin dimanapun, kapanpun dengan siapapun.
    "Prokes dengan ketat perlu dilakukan mulai dari memakai masker jaga jarak cuci tangan di air mengalir dengan memakai sabun," tutupnya.

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Tes Swab Denpasar Tes Swab Massal Tracing


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV