Informasi

Kesadaran Masyarakat Menggunakan Masker Meningkat

Selasa, 27 Oktober 2020 | 12:50 WITA
Kesadaran Masyarakat Menggunakan Masker Meningkat

beritabali.com/file

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Tim Yustisi mencatat ada 191 orang pelanggar yang mendapatkan tindakan langsung berupa denda administrasi senilai Rp100.000 karena terjaring tidak menggunakan masker.  Total pelanggar yang tercatat mencapai 1.030 pelanggar, namun lebih banyak sangsi yang diberikan hanyalah pembinaan dan edukasi.
Dari kondisi itu, tim yustisi menilai kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah sudah mulai meningkat. Penegakan hukum protokol kesehatan dilakukan untuk mengimplementasikan Peraturan Bupati (perbup) Nomor 41 tahun 2020,
Kepala Satpol PP Kabupaten Buleleng Putu Artawan, dari evaluasi yang dilakukan selama penerapan Perbup, tingkat kesadaran dan kedisiplinan masyarakat khususnya di wilayah perkotaan untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah sudah meningkat. Terbukti dalam beberapa hari terakhir jumlah orang yang ditilang dan harus membayar denda semakin sedikit.
“Tingkat kesadaran masyarakat sudah 99 persen disiplin menggunakan masker, namun khususnya di daerah pedesaan masih kurang, karena bagi mereka di Desa tidak ada covid, itu pola pikir mereka,” jelasnya.
Dari kondisi itu, pihak Satpol PP Buleleng pun akan terus melaksanakan sidak dan pembinaan. Khusus untuk di daerah pedesaan, Satpol PP Buleleng tidak terlalu memaksakan untuk melaksanakan sanksi tilang, namun lebih memberikan pembinaan.
“Kita sasarannya lebih condong untuk memberikan edukasi. Di daerah Desa-desa, kita berikan sanksi sosial yang juga sifatnya ringan,” tegas Artawan.
Di sisi lain, terkait dengan libur panjang serangkaian dengan Hari Raya Maulid Nabi yang jatuh pada hari Kamis, 29 Oktober 2020, Putu Artawan mengebut jika Tim Yustisi bersama dengan TNI dan Polri akan terus menggencarkan razia masker, dengan menyasar lokasi yang berbeda.
“Untuk libur panjang di Tim Yustisi tetap dilaksanakan dengan menyasar tempat wisata, kami akan sasar lokasi tersebut yang kiranya tempat itu menjadi tujuan kunjungan wisatawan dan masyarakat,” tegasnya. (NOV)

Penulis : Tim Liputan COVID

Editor : Putra Setiawan


TAGS : #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun


Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV