Alas Harum Festival Pamerkan Produk Kerajinan IKM Gianyar - Beritabali.com

Ekbis

Alas Harum Festival Pamerkan Produk Kerajinan IKM Gianyar

Selasa, 17 November 2020 | 15:50 WITA
pariwisata di Gianyar, Alas Harum Festival, UMKM, IKM

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Meski dalam situasi pandemi Covid-19, Objek wisata Alas Harum Luwak Coffe berani menggelar Festival. Tak tanggung-tanggung, Festival yang bertujuan membangkitkan pariwisata Gianyar ini digelar sebulan penuh. 

Pilihan Redaksi

  • Menteri Teten Minta UKM Bali Perhatikan Ciri Khas dan Kualitas
  • Gubernur Koster Siapkan Tata Kelola Pengembangan UKM dan Koperasi
  • Pandemi, Omzet IKM di Denpasar Merosot 50%
  • Dibuka secara resmi Minggu (15/11) malam hingga berakhir pada 20 Desember 2020 mendatang. Festival menggandeng Dekranasda Kabupaten Gianyar, dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra. 
    Owner Alas Harum yang sekaligus penggagas acara, Made Ardana mengatakan Festival ini digelar sebagai upaya membangkitkan kembali pariwisata di Gianyar yang terpuruk selama pandemi covid 19. Sekaligus juga mempromosikan produk kerajinan para IKM/UMKM di Kabupaten Gianyar. 
    "Karena pariwisata dengan industri kerajinan merupakan satu kesatuan yang saling mendukung," jelasnya. 
    Menurut Made Ardana, tujuan dari festival ini selain menggairahkan kembali pariwisata di Gianyar setelah sekian lama terpuruk karena covid 19, juga ingin membantu membangkitkan kembali industri kerajinan dengan bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Gianyar. Pameran sendiri digelar mulai tanggal 15 September hingga 20 Desember nanti.
    “Melalui festival ini saya berharap pengunjung di Alas Harum semakin bertambah, dan industri kerajinan kita bisa bangkit kembali,” kata Made Ardana.   
    Sementara itu Ketua Dekranasda Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra pada kesempatan itu mengungkapkan bahwa Kabupaten Gianyar sangat kaya akan produk kerajinan IKM/UMKM. Apalagi Gianyar telah dinobatkan sebagai salah satu kota kerajinan dunia (World Craft City).  
    Saat ini kata Ny Surya Adnyani Mahayastra, Kabupaten Gianyar telah memiliki ribuan IKM/UMKM yang bergerak di berbagai sektor kerajinan seperti tenun, patung, silver, anyaman dan lain sebagainya. 
    "Namun sejak pandemi covid 19, semuanya terdampak. Pemasaran lesu, bahkan ada yang mati suri," ungkap istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini. 
    Menurut Ny Surya Adnyani Mahayastra, Festival ini merupakan bentuk sinergi dari pemilik usaha dengan Dekranasda Kabupaten Gianyar. Momentum seperti ini menandakan bahwa Kabupaten Gianyar aman untuk dikunjungi. 
    "Aman disini artinya kita di obyek wisata tetap mematuhi protokol kesehatan, dan disiplin pada diri kita masing-masing. Sehingga dengan adanya festival ini tentunya membawa angin segar pada UMKM kita. Karena setidaknya kita bisa membantu juga mempromosikan produk kerajinan mereka," ujarnya. 
    Ny Surya Adnyani Mahayastra pun sangat mengapresiasi diselenggarakannya Alas Harum Festival ini, sesuai dengan temanya Gianyar Bangkit. Pihaknya berharap,  industri kerajinan bangkit seiring dengan pulihnya pariwisata. 
    "Dengan promosi seperti ini dan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, saya yakin kita pasti bisa,”  kata Ny Surya Adnyani Mahayastra yakin.
    Ditambahkan, dalam festival kali ini ada beberapa pengrajin binaan Dekranasda Kabupaten Gianyar yang ikut pameran seperti Suardhita Silver, Mardiana Silver, Shima Butik, Pakaian Adat Domas dan tas kulit Go Project. Dengan adanya Alas Harum Festival, yang mengkolaborasikan obyek wisata dengan pameran di satu lokasi, dapat membantu para UMKM dalam mempromosikan produk kerajinan.
    Salah satu peserta pameran Ni Wayan Sumiati pemilik Shima Butik mengucapkan terima kasihnya pada pemilik Obyek Wisata Alas Arum dan Dekranasda Kabupaten Gianyar, atas kesempatan yang diberikan. Masa pandemi membuatnya harus pintar- pintar menyiasati penjualan yang menurun drastis. 
    Selain pemasaran secara online, dirinya juga menyasar instansi-instansi pemerintah maupun BUMN untuk membantu promosi. Dengan keikutsertaan dalam pameran Alas Harum Festival, membantu mempromosikan produknya pada wisatawan yang mengunjungi objek wisata Alas Harum.

    Penulis : Kontributor Gianyar

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Pariwisata Di Gianyar Alas Harum Festival UMKM IKM


    The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

    We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV