Jejak Warisan Budaya Jalan Gajah Mada di Kota Denpasar - Beritabali.com

Hiburan

Jejak Warisan Budaya Jalan Gajah Mada di Kota Denpasar

Minggu, 22 November 2020 | 09:00 WITA
Jalan Gajah Mada Denpasar, warisan budaya, sejarah, pusat perdagangan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Kawasan Jalan Gajah Mada Denpasar merupakan kawasan warisan budaya di kota Denpasar. 

Pilihan Redaksi

  • Denpasar Tindak Lanjuti Kerja Sama "Sister City" dengan Mosel Bay
  • Denpasar Segera Miliki Jalur Bagi Pesepeda
  • Denpasar Timur Konsisten Masuk Zona Hijau
  • Kawasan yang menjadi pusat niaga dan bisnis terbesar di kota Denpasar ini memiliki sejarah yang panjang. Kawasan Jalan Gajah Mada Denpasar lebih mengarah kepada konsep kota urban. 
    Ada kekhawatiran bahwa bangunan-bangunan lama yang  mendominasi di sepanjang kawasan Jalan Gajah Mada tersebut akan hilang tergerus pertumbuhan kawasan tersebut. Berbagai Upaya-upaya dilakukan untuk mempertahankan heritage area ini. 
    Tujuannya adalah untuk menjaga peradaban kota tua dari perkembangan sporadis pembangunan kota besar khususnya kota Denpasar. Bangunan-bangunan yang dikatagorikan gedung warisan budaya atau heritage building di kawasan heritage Jalan Gajah Mada memiliki nilai estetik dari eksterior maupun interiornya yang perlu untuk dijaga kelestariannya.
    Kawasan ini dilatar belakangi oleh bangunan-bangunan tua yang difungsikan sebagai pertokoan. Jajaran pertokoan di Jalan Gajah Mada ini menunjukkan kejayaan kawasan sebagai pusat perdagangan terbesar di Kota Denpasar hingga saat ini.
    Di tahun 80-an Kawasan Jalan Gajah Mada Denpasar identik dengan tempat gaul muda-mudi ibukota. Popularitasnya pun mengalami pasang surut. Jika mendengar kata Gajah Mada Denpasar bisa jadi membangkitkan kenangan buat kalangan tertentu khususnya generasi yang besar di tahun 70-80 an. 
    Sejak tahun 2008, di kawasan ini dipasang sebuah tanda mirip prasasti yang bertuliskan “Kawasan Heritage Jalan Gajah Mada, Denpasar”. Hal ini dilakukan karena kawasan ini memiliki sejarah dan kebudayaan yang patut untuk dijaga.

    Penulis : Tim Liputan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Jalan Gajah Mada Denpasar Warisan Budaya Sejarah Pusat Perdagangan


    The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

    ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



    News Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending News

    Berita Bali TV