News

KPU Tabanan Bakar 239 Surat Suara Rusak

Jumat, 04 Desember 2020 | 22:20 WITA
KPU Tabanan Bakar 239 Surat Suara Rusak

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
KPU Tabanan membakar 239 surat suara yang dinyatakan rusak atau tidak layak untuk pencoblosan di Pilkada Tabanan, 9 Desember 2020 pada Jumat (4/12) di areal kantor KPU setempat.
Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Subawa menjelaskan dari total 239 surat suara yang dimusnahkan tersebut, rincian kategori robek 9 buah, terdapat bercak noda ada 75 buah, kondisi surat suara kusut 95 buah dan lainnya seperti cetakan tidak sempurna atau buram, pemotongan tidak pas sebanyak 60 buah. 
"Tidak simetris potongannya, ada juga surat suara kusut, jadi ada lipatan dari garis di gambar itu. Jadi kayak keriput," katanya. 
Pemusnahan surat suara rusak juga akan dilakukan di tempat percetakan bersama pihak Kepolisian dan Bawaslu.
"Karena ada draft berita acara dari KPU RI, jadi ketiga komponen ini harus hadir dalam pemusnahan surat suara, kalau ada lembaga lain yang mau ikut silakan, kami juga akan meminta plat nya akan kita minta lagi tujuannya agar jangan sampai ada penggandaan surat suara," jelasnya. 
Sementara untuk logistik jelang hari pencoblosan, 9 Desember 2020, Weda mengatakan, sudah komplit hanya APD untuk sarung tangan yang kurang dan itupun masih dalam perjalanan, karena sempat terjadi gagal tender yang dilakukan oleh KPU RI sehingga dilakukan kontrak ulang. 
"Rencananya tanggal 6 siang, barang sudah diterima dan akan disdistribusikan H-2 atau tanggal 7 Desember, sementara untuk kotak dan surat suara disdistribusikan H-1 pencoblosan," pungkasnya.
Selain pemusnahan, pada hari yang sama KPU Tabanan juga menggelar simulasi terkait dengan pencoblosan khususnya dalam prosedur protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19, karena Pilkada Tabanan kali ini diharapkan bisa berjalan baik dan lancar dan tetap aman meski di tengah situasi pandemi.

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : KPU Tabanan Surat Suara Rusak Pemusnahan Surat Suara Pilkada Tabanan


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV