News

Percepat Penanganan Sampah, Bupati Mahayastra Serahkan 1 Unit Truk

Jumat, 19 Februari 2021 | 17:45 WITA
Percepat Penanganan Sampah, Bupati Mahayastra Serahkan 1 Unit Truk

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Bupati Gianyar, Made Mahayastra menyerahkan 1 unit truk sampah kepada Desa Taro, Jumat (19/2) di TPS3R Desa Taro, Kecamatan Tegallalang. 
Hal ini bertujuan untuk menggalakkan penanganan sampah dari hulu serta optimalkan peran tempat penampungan sampah berbasis reduce, reuse, dan recycle (TPS3R). Di samping itu, TPS3R Desa Taro merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Gianyar karena telah menunjukkan percepatan dalam pengelolaannya serta dijadikan TPS percontohan oleh Gubernur Bali.
“Hari ini saya menyerahkan 1 unit truk untuk operasional Desa Taro yang telah memiliki TPS3R. Dimana TPS ini menjadi kebanggaan kita di Kabupaten Gianyar yang mana telah dijadikan percontohan oleh Gubernur Bali,” ujar Bupati Mahayastra.
Ditambahkannya, Gianyar sampai saat ini telah memiliki 6 TPS3R dan salah satunya yang paling cepat pengelolaannya yang dimiliki Desa Taro mengingat regulasi yang ada hingga tingkatan terbawah. 
“Dari 6 TPS3R yang ada di Gianyar, TPS3R Desa Taro menjadi yang paling cepat pengelolaannya. Dimana telah dilihat, dan dilirik gubernur terkait penanganannya karena paling lengkap. Baik dari sisi regulasi yang ada di desa serta pararem yang ada di banjar yang mendukung penuh kebijakan bupati dan gubenur terkait penanganan sampah dari hulu,” imbuhnya.
Ke depan, Bupati Mahayastra berharap TPS3R  mampu  bersinergi dengan pusat pangan alami mandiri asri dan nyaman (Puspa Aman) yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan  dimana hasil pupuk dari TPS3R  bisa digunakan di msing masing desa yang memiliki Puspa Aman. Dimana tujuan utama dari Puspa Aman untuk menjaga ketahanan pangan desa.
Mengingat sampah menjadi isu yang sangat menarik, Bupati Mahayastra mengajak  masyarakat untuk mengubah kesan jorok TPS menjadi tempat yang layak dikunjungi. 
“Kalau berhasil menangani sampah, wisatawan akan datang terlebih lagi TPS bisa dijadikan sebagai tempat praweding, bahkan piknik bagi masyarakat namun harus kita kemas agar kesan TPS yang jorok menjadi tempat yang layak dikunjungi,” tandasnya.
Diakhir sambutannya Bupati Mahayastra juga menggemakan untuk tetap menjaga kebersihan desa tanpa mengotori desa lain. “Desaku bersih tanpa mengotori desa lain,” pungkas Bupati Mahayastra.  
Sejalan dengan bupati, Kepala Desa Taro Wayan Warka mengemukakan kegembiraanya dengan diberikannya 1 unit bantuan truk dari bupati mampu mempercepat pengangkatan sampah yang ada di desanya. 
“Harapannya dengan bantuan truk, pengangkutan sampah bisa dilakukan lebih maksimal lagi. Karena kami di Desa Taro menerapkan sistem pemilahan sampah dari rumah tangga,” harap Warka.
Desa Taro sendiri kini memiliki 2 unit truk yang akan dipergunakan untuk mengangkut sampah warga. Dimana truk berwarna hijau akan digunakan untuk mengangkut sampah organik sedangkan truk merah yang baru diberikan bupati akan dipergunakan untuk mengangkut sampah anorganik.
Warka menambahkan, sebagai implementasi peraturan gubernur dan bupati terkait pengelolaan sampah dari sumbernya, Desa Taro telah memiliki peraturan desa yang ditopang kuat dengan pararem yang ada di setiap desa adat. 
le="margin-bottom: 15px;">“Di sini kami memiliki peraturan desa dan kami perkuat lagi dengan  pararem dan awig-awig adat agar masyarakat  taat memilah sampah bahkan jika ada warga yang tidak memilah sampah, sampahnya  tidak akan diangkut terlebih lagi  mendapat sanksi dari adat,” tuturnya.
Terkait dijadikannya Desa Taro sebagai desa percontohan dalam pengelolaan sampah oleh Gubernur Bali, Kades Warka mengaku sangat senang dan bangga terlebih lagi dengan pengelolaan sampah yang baik akan membawa kesan baik bagi desanya sendiri. 
“Dengan pengelolaan sampah yang baik desa menjadi bersih, masyarakat sehat, alam terjaga dengan baik. Tentunya semua ini dapat terwujud dengan sinergi yang baik antara dinas dan adat,” pungkas Warka.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Truk Sampah Penanganan Sampah Desa Taro TPS3R Bupati Mahayastra


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :

Selasa, 20 April 2021 | 10:55
6 Efek Samping Setelah Suntik Vaksin AstraZeneca Ini Butuh Penanganan Medis Cepat!
Vaksin AstraZeneca telah dikaitkan dengan kasus pembekuan darah yang memicu kepanikan. Sehingga satu ...
Selasa, 20 April 2021 | 10:30
Remaja Korban Asusila Diminta Layani 5 Orang Setiap Hari
PU (15), anak di bawah umur korban asusila di Bekasi mengaku harus melayani lima orang setiap hari d ...
Selasa, 20 April 2021 | 10:10
Kepala Desa, Polisi dan Pengusaha Digerebek Sedang Pesta Sabu-Sabu
Polresta Banyuwangi menggerebek pesta sabu-sabu yang digelar oknum kepala desa, anggota polisi dan s ...
Selasa, 20 April 2021 | 09:55
Pencuri Motor Tewas Setelah Jatuh dari Atap Rumah
M. Irawan (21) warga Kabupaten Pasuruan tewas usai terjatuh dari atap rumah di kawasan Perumahan Gri ...
Selasa, 20 April 2021 | 09:35
Seorang Ibu Muda Tewas Overdosis Pil Ekstasi
Penyidik Polres Aceh Tenggara menetapkan status tersangka terhadap Khairul Ansari (36), seorang angg ...


Berita Lainnya

Rabu, 07 April 2021 | 11:10
Dari Rp17 Miliar, Uang Pasutri Ini Kini Hanya Sisa Rp50 Juta
Dalam beberapa waktu yang lalu, keberadaan Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur menja ...
Minggu, 21 Maret 2021 | 12:00
Warga Heboh Setelah Menemukan Bangkai Diduga Gajah Mina
Warga Setapang Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, dihebohkan dengan kebe ...
Senin, 22 Maret 2021 | 16:45
2 Warga Asing Resmi Jadi WNI, Ternyata Punya Usaha di Bali
Bertempat di Aula Dharmawangsa Kementerian Hukum dan HAM Bali, Kepala Kantor Wilayah Kementeria ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV