Informasi

Objek Wisata Bangli Sasaran Operasi Disiplin Prokes

Rabu, 23 Desember 2020 | 19:00 WITA
Objek Wisata Bangli Sasaran Operasi Disiplin Prokes

beritabali.com/ist/Objek Wisata Bangli Sasaran Operasi Disiplin Prokes

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BANGLI.
Petugas gabungan menggelar operasi yustisi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dengan sasaran obyek wisata di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli guna mengatasi dan menekan penyebaran Covid-19.
Menjelang libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2021, petugas mengintensifkan Razia dengan melibatkan berbagai unsur.
Sejumlah tempat menjadi target petugas untuk penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan prokes Covid-19 di wilayah Kecamatan Kintamani, Bangli, Tembuku juga di Kecamatan Susut.
"Sasarannya objek wisata, pasar,  restauran, tempat warung atau kedai kopi dan titik keramaian lainnya," ungkap Dandim 1626/Bangli yang akrab disapa Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, Selasa 22 Desember 2020.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan pada  hari libur Natal dan Tahun Baru 2021.
Juga, sebagai implementasi dari penerapan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Bangli Nomor 39 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.
Dandim Suwardana menyebutkan, keterlibatan personel satuannya yaitu Babinsa bersinergi dengan unsur pengamanan lainnya dari pihak pemerintah   daerah, pihak kepolisian, dinas terkait dan juga unsur Satgas Gotong Royong Desa.
"Ada 97 personel terlibat penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dari unsur TNI Kodim 1626/Bangli,  Polres Bangli dan Pemkab Bangli yaitu Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Pemerintah Kecamatan dan juga Satgas Gotong Royong Desa", ungkapnya
Rangkaian kegiatan diawali dengan apel kesiapan gabungan yang dipimpin oleh Kabag Operasi Polres Bangli Kompol I Wayan Sunarta, dilanjutkan pembagian tugas untuk masing-masing instansi yang dibagi menjadi dua tim yaitu tim pengamanan kunjungan wisata dan tim penegakan yustisi.
Dalam operasi yang berlangsung selama dua setengah jam itu, total didapatkan 34 orang warga yang melanggar penerapan protokol kesehatan.
32 orang warga tidak menggunakan masker sehingga bagi mereka sebanyak 25 orang diberikan tindakan push up dan 9 orang melaksanakan sanksi sosial.
"Sementara 2 orang salah menggunakan masker, sehingga harus disampaikan penggunaan yang benar," sebutnya.
Pada kesempatan itu, Dandim selalu mengingatkan masyarakat agar mematuhi himbauan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, dengan menerapkan prokes.
Jajarannya dan masyarakat diingatkan agar, senantiasa disiplin 3M yakni, selalu memakai masker saat beraktivitas keluar rumah, mencuci tangan dengan air bersih atau hand sanitizer serta menjaga jarak dari kerumunan atau social distancing.
Dikatakan, pelaksanaan penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes ini akan terus dilaksanakan terlebih pada saat pelaksanaan libur Natal 2020  dan Tahun Baru 2021 cukup Panjang.
"Kunjungan wisatawan lokal maupun domistik pasti meningkat dan kita tidak menginginkan adanya kluster baru penyebaran COVID-19 dari kegiatan wisata maupun yang lainnya", jelas Dandim.
Dalam libur panjang ini pihaknya bersinergi dengan instansi terkait seperti Polri, Satpol PP, Dishub , Dinas Parawisata dan Kesehatan serta Satgas Covid-19 Pemkab Bangli bersama-sama meningkatkan pengawasan terhadap kunjungan wisatawan khususnya Kintamani yang menjadi tujuan dari wisatawan yang saat ini di dominasi oleh wisatawan domestik. (mat)

Penulis : Tim Liputan COVID

Editor : Putra Setiawan


TAGS : Satgascovid19 Ingatpesanibu Ingatpesanibupakaimasker Ingatpesanibujagajarak Ingatpesanibucucitangan Pakaimasker Jagajarak Jagajarakhindarikerumunan Cucitangan Cucitangandengansabun


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV