Kesehatan

Cek Efek Samping Vaksin Covid 19 di SehatQ dan Minimalkan Gejalanya

Kamis, 25 Maret 2021 | 21:20 WITA
Cek Efek Samping Vaksin Covid 19 di SehatQ dan Minimalkan Gejalanya

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Setia vaksin pasti memiliki efek samping, tidak terkecuali vaksin Covid 19. Vaksin yang ditujukan untuk menghentikan penyebaran virus corona baru ini juga memiliki sejumlah efek samping umum yang sudah teridentifikasi. 
Gejala seperti nyeri otot ataupun kelelahan menjadi efek samping umum yang kerap dikeluhkan oleh orang yang sudah divaksinasi. 
Efek samping vaksin Covid 19 umumnya terjadi langsung pasca imunisasi. Karena alasan inilah, tenaga kesehatan yang menjadi operator pemberi vaksin mengharuskan orang yang divaksin untuk tetap berada di area vaksinasi sekitar 30 menit. 
Namun biasa juga, efek samping vaksin Covid 19 muncul setelah waktu tersebut. Untuk hal ini, memantau kondisi pasca imunisasi lewat survei di SehatQ sangat penting guna mengetahui separah apa efek samping vaksin Covid 19 yang Anda alami. 
Selain terus mengecek efek samping lewat SehatQ, menjadi lebih penting juga bagi Anda untuk menyiapkan kesehatan tubuh sebelum menerima vaksin. 
Dengan demikian, gejala efek samping bisa diminimalkan. Berikut ini adalah tips meminimalkan potensi gejala efek samping vaksin Covid 19 yang sebenarnya sangat mudah Anda lakukan. 
Tidur yang Cukup 
Sehari sebelum vaksinasi dilakukan, Anda sangat mungkin mengalami kekhawatiran berlebihan yang membuat Anda sulit tidur. Alhasil, Anda bisa saja menjadi bergadang semalam dan membuat imunitas tubuh menurun ketika divaksinasi. Hal ini akan memperparah efek samping vaksin Covid 19 yang mungkin Anda alami. 
Cobalah untuk tidur cukup pada malam sebelum divaksinasi. Upayakan Anda tidur malam sepanjang 6—8 jam untuk bisa membentuk imunitas tubuh yang memadai sebelum menerima vaksin Covid 19. 
Jangan Lupa Makan 
Mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga efek samping vaksin Covid 19 dapat diminimalkan. Karena itu, jangan berniat melewatkan makan sebelum divaksinasi. 
Cobalah untuk memakan minimal 1 jam sebelum divaksinasi. Konsumsilah makanan bergizi, mulai dari sumber protein, vitamin, dan tidak lupa karbohidrat. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih siap menerima virus yang sudah dilemahkan lewat vaksinasi. 
Hindari Kafein dan Alkohol 
Kafein dan alkohol akan sangat berpengaruh pada tekanan darah Anda. Kedua kandungan ini bisa membuat tekanan darah Anda melonjak. Padahal di sisi lain, tekanan darah yang tinggi bisa berpotensi menyebabkan efek samping vaksin Covid 19 yang parah. 
Cobalah untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein maupun alkohol saat Anda hendak mendapatkan vaksin Covid 19. Contohnya seperti kopi, cokelat, ataupun minuman beralkohol.  
Pastikan tekanan darah Anda terkontrol di bawah 140/90 mmHg. Setelah divaksinasi pun, jangan dahulu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein maupun alkohol guna memastikan efek samping parah tidak terjadi. 
Cek di SehatQ 
Anda juga sebaiknya terus memantau kondisi tubuh Anda setelah divaksinasi. Anda bisa mempergunakan survei terkait efek samping vaksin Covid 19 yang ada di laman aplikasi ataupun situs resmi SehatQ.com. Dengan rajin mengikuti survei selama beberapa hari setelah divaksinasi, Anda bisa mengetahui efek samping vaksin Covid 19 apa saja yang Anda alami dan termasuk para atau tidak. 
Jika memang perlu mendapat penanganan lebih, Anda pun bisa lansung mengontak operator tenaga kesehatan yang memberikan Anda vaksin. 
Atur Vaksin Tahap Kedua 

BACA JUGA:

g>
Pemberian vaksinasi untuk Covid 19 dilakukan bertahap dengan salah satu tujuannya adalah meminimalkan risiko efek samping parah dari pemberian dosis vaksin yang terlalu tinggi. 
Karena itulah, vaksin dibagi menjadi dua dosis dan diberikan dalam dua tahap. Ini untuk membiarkan tubuh bisa membentuk antibodi terlebih dahulu di vaksin tahap pertama untuk menghadapi vaksinasi tahap kedua. Selang waktu pemberian vaksin Covid 19 tahap kedua adalah minimal 14 hari setelah pemberian vaksin tahap pertama. 
Tidak sulit bukan mempraktikkan tips meminimalkan risiko efek samping vaksin Covid 19. Jangan lupa terus cek status kejadian ikutan pasca imunisasi Anda di laman SehatQ untuk memastikan efek samping yang Anda rasakan tidak mengkhawatirkan.

Penulis : Berita Advertorial

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV