Politik

KPU Pastikan Pilkada Tabanan Nihil Gugatan

Selasa, 05 Januari 2021 | 22:40 WITA
KPU Pastikan Pilkada Tabanan Nihil Gugatan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan saat ini masih menunggu BRTK (Buku Register Perkara Konstitusi ) dari KPU RI yang dikeluarkan MK (Mahkamah Konstitusi), untuk mengetahui apakah hasil suara yang ditetapkan terjadi gugatan. Setelah menerima itu baru akan dilakukan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.
"Penetapan calon minimal 5 hari setelah BRTK diterima," ujar Ketua KPU Tabanan Weda Subawa, Selasa (5/1). 

BACA JUGA:

Meski demikian, Weda Subawa memastikan jika penetapan hasil perolehan suara di Pilkada Tabanan nihil gugatan. Terkait kapan BRTK akan diterima, pihaknya juga belum bisa memastikan, namun kemungkinan dikeluarkan pertengahan Januari. 
Begitu pun jadwal penetapan calon Bupati dan calon Wakil Bupati akan dilakukan pertengahan Januari. 
"Proses ini tidak mungkin lewat Januari karena pertengahan Februari kira-kira tanggal 17 dilakukan pelantikan. Proses pelantikan itu ada di bagian Tapem (Tata Pemerintahan)," beber Weda Subawa.
Sembari menunggu BRTK diterima, KPU Tabanan sudah merancang proses penetapan calon terpilih. Termasuk sedang mencari tempat untuk melaksanakan penetapan calon Bupati dan calon Wakil Bupati terpilih. 

BACA JUGA:

"Nanti undangan untuk penetapan calon jelas terbatas namun dipastikan mengundang paslon. Untuk rancangan kita sedang proses termasuk sedang penjajakan tempat agar sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19," tegasnya.
Weda menambahkan sesuai dengan informasi awal, untuk Tabanan memang tidak terjadi gugatan terhadap perolehan hasil suara yang ditetapkan. Untuk memastikan hal tersebut harus menunggu BRTK dari MK. Karena dasar ini yang dijadikan patokan penetapan calon Bupati dan calon Wakil Bupati terpilih. "Kita tunggu saja dulu," ujarnya.
Sebelumnya, KPU Tabanan menetapkan hasil perolehan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan pada Rabu (16/12). Hasilnya pasangan Komang Gede Sanjaya - I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) memperoleh suara 207.276 atau (72,9%). 
Sedangkan untuk pasangan Agung Ngurah Panji Astika dan I Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi) mendapat perolehan suara 77.141 atau (27,1%). Dari perolehan suara tersebut Jaya-Wira unggul di 10 kecamatan.

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : KPU Tabanan Gugatan Pilkada Tabanan Pelantikan


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV