News

BMKG Catat 47 Gempa Guncang Sulbar Sejak Kamis

Jumat, 15 Januari 2021 | 11:45 WITA
BMKG Catat 47 Gempa Guncang Sulbar Sejak Kamis

bbn/suara.com

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat sebanyak 47 kali gempa bumi mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) sejak Kamis (14/01/2021).
Gempa tektonik dengan magnitudo bervariasi itu mengguncang Sulbar dan wilayah sekitarnya. Ada yang tidak terlalu kuat getarannya, ada pula yang menyebabkan kerusakan parah guncangannya, seperi gempa terakhir 6,2 skala richter Kamis malam.

BACA JUGA:

"Gempa tektonik terjadi sebanyak 47 kali di wilayah Sulawesi Barat dan sekitarnya," ujar Staf Pusat Gempa Regional IV Makassar Syarifuddin di Makassar, Sulawesi Se

BACA JUGA:

latan, seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/01/2021).
Ia mengatakan, gempa yang terjadi pada Kamis (14/1) hingga pukul 23.00 WITA, terjadi 28 kali gempa dengan magnitudo terkecil 2 Skala Richter (SR) hingga yang terbesar dan membuat kerusakan, yakni di atas 6 SR. Syarifuddin menjelaskan, gempa bumi dengan magnitudo terendah, yakni di bawah dua Skala Richter (SR) terjadi sebanyak sembilan kali.
Kemudian gempa antara 3 hingga di bawah 4 SR itu terjadi sebanyak 13 kali dan gempa dengan 4 hingga 5 SR terjadi sebanyak 3 kali. Sementara gempa dengan kekuatan 5 hingga di bawah 6 terjadi 2 kali serta gempa yang berkekuatan 6 SR terjadi satu kali.
Dia mengatakan, 28 kali gempa itu terjadi sejak Kamis (14/1) hingga Pukul 23.00 WITA. Kemudian 19 kali lainnya merupakan gempa susulan sejak gempa besar terjadi pada Jumat (15/1) dini hari.
"Setelah gempa yang merusak itu telah terjadi 19 kali gempa atau dari Jumat dini hari hingga pagi harinya," katanya.
Gempa magnitudo 6,2 terjadi di wilayah Sulawesi Barat pada Pukul 02.28 Wita dan telah merobohkan banyak bangunan. Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2.98 LS-118.94 BT pada kedalaman 10 kilometer, juga merusak gedung rumah sakit di Mamuju.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : BMKG Sulawesi Barat Gempa Gempa Di Mamuju


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV