News

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Tinggi Kolom Capai 50 Meter

Senin, 18 Januari 2021 | 10:40 WITA
Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas, Tinggi Kolom Capai 50 Meter

bbn/Antara

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas, Senin (18/1/2021). Berdasarkan pantauan dari BPPTKG Yogyakarta, tercatat awan panas meluncur pukul 05.43 WIB.
Dari catatan seismogram awan panas meluncur dengan amplitudo 22 mm dan durasi 112 detik. Sementara jarak luncurnya kurang lebih 1000 meter ke arah barat Daya atau Kali Krasak.

BACA JUGA:

"Teramati tinggi kolom 50 meter di atas puncak. Angin bertiup ke tenggara," jelas Kepala BPPTKG, hanik Humaida dikutip dari Suara.com.
Selain melaporkan adanya awan panas, guguran lava pijar juga teramati dari Gunung Merapi.
"Dari pengamatan mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB juga terjadi guguran lava pijar sebanyak 6 kali jarak luncur maksimum 600 meter ke barat daya," terangnya.
Untuk kegempaan Gunung merapi pada periode pengamatan tersebut total ada 32 kali gempa guguran 3 kali hembusan 2 kali fase banyak dan 2 kali vulkanik dangkal.
Hingga kini, BPPTKG masih menetapkan status Merapi di tingkat Siaga (level III). Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai boyong, bedog, krasak, bebeng hingga kali putih sejauh maksimal 5 km.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Gunung Merapi Awan Panas Lava Pijar Vulkanik


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV