Hukrim

Oknum Satgas Covid-19 di Pupuan Gelapkan Uang Bantuan

Kamis, 25 Maret 2021 | 22:00 WITA
Oknum Satgas Covid-19 di Pupuan Gelapkan Uang Bantuan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Salah satu oknum Satgas Gotong Royong Covid-19 di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan Tabanan berinisial INA (39) ditahan karena kasus penggelapan uang sumbangan yayasan untuk warga miskin. 
Tersangka didakwa menggelapkan uang yayasan sebesar Rp 30 juta yang ditransfer ke rekening pribadi. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gede Hady saat dikonfirmasi Kamis (25/3) mengatakan yang bersangkutan sebagai anggota Satgas Covid-19 di Desa Pujungan dan sekitar bulan Juni 2020 ada yayasan yang ingin memberikan bantuan atau donasi pada warga kurang mampu terdampak Covid19. 
"Kebetulan pihak yayasan ketemu dengan oknum ini, dan menyampaikan keinginan mereka memberikan bantuan pada warga kurang secara simbolis dan oleh tersangka diantarkan," terangnya. 
Karena merasa percaya dan timbul kecocokan, yayasan pun mempercayakan kelanjutan penyaluran bantuan melalui tersangka dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi tersangka sebanyak lima kali dengan total Rp56 juta lebih dan bertahap. Kasus ini mencuat, ketika ada salah seorang warga penerima bantuan yang semestinya mendapat bantuan sepeda motor, namun sepeda motor itu justru ditagih kembali oleh pemilik awal. 
"Jadi tersangka ini beli motor bekas dan diberikan pada warga, namun ditagih lagi oleh pemilik awal kemungkinan persoalan pembayaran belum jelas, disana mulai terungkap, dan lapor ke pihak yayasan, dari sana pihak yayasan curiga dan melakukan kroscek ulang, ditemukan sekitar Rp 30 juta uang sumbangan digelapkan dan dipakai sendiri oleh tersangka," ucapnya. 
Tersangka juga mengakui telah menggunakan sebagian uang yayasan itu untuk keperluan pribadi, namun jumlahnya tidak sampai sebesar Rp 30 juta. 
Jaksa mengenakan Pasal 372 KUHP terkait penggelapan juncto 378 terkait penipuan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.    
Terkait kasus ini, Gede Hady berharap bisa menjadi pelajaran bagi siapapun khususnya aparat maupun Satgas Covid  untuk tidak memanfaatkan masa pandemi mencari kesempatan berbuat hal hal yang merugikan masyarakat. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Oknum Satgas Covid-19 Penggelapan Desa Pujungan


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV