News

5 Penyebab Banjir Bandang

Rabu, 20 Januari 2021 | 14:45 WITA
5 Penyebab Banjir Bandang

beritabali.com/ist/suara.com/5 Penyebab Banjir Bandang

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Banjir bandang melanda wilayah Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Selasa (19/1/2021) pagi. Bagaimana bisa banjir bandang melanda kawasan Gunung Mas Puncak Bogor? Untuk menjawabnya anda perlu tahu apa penyebab banjir bandang.
Banjir termasuk bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah akibat turun hujan deras berturut-turut. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah kejadian berlangsung dengan cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Berikut beberapa penyebab banjir bandang.
1. Durasi Hujan Cukup Lama
Penyebab banjir bandang salah satunya ialah durasi hujan yang cukup lama dan volumenya cukup besar. Volume air yang terjadi secara konstan ini dapat menyebabkan saluran air buatan dan sungai meluap, hingga akhirnya air menggenani area tertentu.
2. Terbentuk Bendungan di Area Hulu
Ketika hujan lebat terjadi, bendungan yang tidak dibuka dapat menjadi penyebab banjir bandang. Air yang seharusnya dapat mengalir lancar, terbendung di hulu sehingga ketika bagian hulu penuh terisi air, maka air akan membludak ke segala arah. Akhirnya terjadilah banjir bandang di suatu wilayah.
3. Sampah Menumpuk di Sungai
Di Jakarta, Sampah merupakan salah satu penyebab banjir bandang. Pasalnya sungai yang seharusnya bebas dari sampah malah menjadi tempat sampah, sehingga air tidak dapat mengalir lancar. Akhirnya air di sungai meluap dan terus menggenani ke seluruh bagian kota.
4. Bangunan Liar di Sekitar Sungai
Penyebab banjir bandang tidak hanya karena faktor alam, tapi juga faktor manusia yang tidak menjaga lingkungan dengan baik. Contoh kecilnya ialah adanya bangunan liar di sekitar sungai yang menghalangi aliran sungai untuk mengalir lancar.
Di tambah lagi, penghuni bantaran sungai membuang sampah di sungai. Hal ini menambah beban sungai, menyebabkan aliran air tidak dapat mengalir lancar, jadi ketika hujan lebat terjadi, air sungai pun akan membludak ke pemukiman warga.
5. Tidak Adanya Pohon Sebagai Resapan Alami
Banjir bandang di Kalimantan diduga penyebabnya adalah karena pepohonan di sana ditebangi untuk dijadikan lahan pertanian. Benar bahwa tidak adanya resapan alami seperti pohon-pohon di area dataran tinggi akan menyebabkan air terus mengalir ke dataran rendah dan menimbulkan banjir serta tanah longsor.
Peran pohon di sekitar kita sangat penting. Tak hanya untuk menciptakan oksigen, tapi juga untuk memperkuat tanah dan menyerap air yang dikandung oleh tanah.
Menurut BMKG
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab banjir bandang Gunung Mas karena curah hujan ekstrem di Kabupaten Bogor.
"Curah hujan dengan intensitas ekstrem tercatat pada Pos Hujan Gunung Mas Puncak sebesar 107,5 mm, yaitu hujan sangat lebat," kata Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Abdul Mutholib, Selasa (19/1).
e="margin-bottom: 15px;">Sedangkan dari pos pengamatan Naringgul Puncak, tercatat curah hujan sebesar 112 mm (hujan sangat lebat). Berdasarkan pantauan citra radar, tampak terjadi pergerakan awan hujan dari arah barat hingga barat laut ke wilayah Cisarua, Bogor dalam durasi yang lama dan bersifat terus menerus dari siang hingga dini hari, yakni pukul 10.46-05.00 WIB.
Kondisi curah hujan yang cukup tinggi tersebut berpotensi memicu luapan air sungai dan mengakibatkan banjir di sekitar daerah aliran sungai. BMKG memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat masih terdeteksi hingga tiga hari ke depan di wilayah Gunung Mas Puncak Bogor.
Demikian paparan singkat tentang penyebab banjir bandang. Semoga dapat menjadi pelajaran dan mari kita perbaiki kualitas hidup kita.(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : 5 Penyebab Banjir Bandang Bali Beritabali


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :

Rabu, 01 Desember 2021 | 23:50
Digitalisasi Masif, Generasi Muda Disebut Enggan Belajar Melukis
Melihat perkembangan teknologi begitu masif saat ini membuat beberapa hal terkait proses karya seni ...
Rabu, 01 Desember 2021 | 23:45
Ini Penyebab Banyak Pejabat Terjerat Kasus Hukum
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab pejabat setelah menjabat sebagian besar terjerat kasu ...
Rabu, 01 Desember 2021 | 23:40
Jembrana Rencana Naikkan Gaji Tenaga Kontrak
Ribuan pegawai kontrak di ruang lingkup Pemkab Jembrana masa kontraknya akan berakhir pada akhir Des ...
Rabu, 01 Desember 2021 | 23:35
Tidak Bisa Pungut PBG, Target Dinas Perizinan Tabanan Jeblok
Target pendapatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Tabana ...
Rabu, 01 Desember 2021 | 23:30
Kejar PAD, Tabanan Akan Bentuk 2 Perusda
Menyiasati pemasukan ke kas daerah, Pemerintah Kabupaten Tabanan berencana membentuk dua perusahaan ...


Berita Lainnya

Jumat, 05 November 2021 | 10:00
Viral Cewek Menangis Didatangi Kurir Paket
Seorang cewek yang menangis-nangis karena didatangi kurir paket menjadi viral. Ternyata, kurir itu m ...
Jumat, 12 November 2021 | 15:50
Jalan Dipagari Tetangga, Wanita Ini Tantang Pakai Sertifikat Tanah
Sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang wanita menghadapi tiga tetangga yang memagari jalan di ...
Sabtu, 06 November 2021 | 13:55
Gala Sky Anak Vanessa Angel Sudah Bisa Tertawa Lagi
Kabar menggembirakan datang dari Gala Sky Ardiansyah putra semata wayang Vanessa Angel dan Febri Ard ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV