News

4 Paus Terdampar di Pantai Batubelig Sejak 1973

Kamis, 21 Januari 2021 | 23:00 WITA
4 Paus Terdampar di Pantai Batubelig Sejak 1973

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Permana Yudiarso, Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Denpasar mengatakan sejak tahun 1973 hingga saat ini sudah ada 4 kali bangkai Paus terdampar di wilayah Pantai Batubelig, Kerobokan, Kuta Utara, Badung.
Hal ini disampaikannya saat temuan bangkai seekor paus sepanjang 1,8 meter dengan berat diperkirakan mencapai 2 ton terdampar di tepi Pantai Batubelig, Kerobokan, Kuta Utara, Badung pada Kamis (21/1/2021).
Bangkai ikan Paus jenis "Bryde Whale" ini langsung dikubur di tepi Pantai Batubelig menggunakan alat berat milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung agar tidak menimbulkan bau busuk.
Pihak Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Denpasar akan terus meakukan Pemantauan karena dikhawatirkan tempat penguburan Paus bisa terkikis ombak. 
Saat ditemukan di bibir Pantai Batubelig, bangkai Paus jenis Bryde Whale ini sudah membusuk dan mengeluarkan bau menyengat. Agar tidak mengganggu kenyamanan warga maupun wisatawan di kawasan tersebut, alat berat milik DInas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung dikerahkan untuk menggali lubang sedalam meter digunakan untuk mengubur bangkai ikan Paus.
Dengan menggunakan alat berat, bangkai Paus berukuran raksasa ini ditarik secara perlahan dan kemudian dimasukkan ke dalam lubang sepanjang 15 meter. 
Sebelum dikubur pihak Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Denpasar telah mengambil sampel tubuh Paus untuk kepentingan penelitian. Balai Pengelolaan Sumber Daya pesisir dan Laut Denpasar belum bisa memastikan penyebab kematian Paus.

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Paus Terdampar Pantai Batubelig Bryde Whale Bangkai Paus


Collina Kawi Restaurant

Adalah salah satu tempat yang berlokasi di Tampaksiring, Gianyar, Bali sangat nyaman untuk menikmati hijaunya alam dengan pilihan kudapan yang nikmat dengan harga lokal, waktu santai sangat tepat untuk dinikmati dengan pilihan makanan yang bervariasi. Kontak : 081337774488



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV