Politik

KPU Tabanan Gelar Penetapan Bupati dan Wakil Pada Sabtu

Kamis, 21 Januari 2021 | 22:50 WITA
KPU Tabanan Gelar Penetapan Bupati dan Wakil Pada Sabtu

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan terpilih dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bakal dilakukan pada Sabtu (23/1), setelah datangnya surat pemberitahuan dari MK yang ditembuskan ke KPU RI terkait tidak adanya gugatan untuk Pilkada di Tabanan
Dan mengingat masih di suasana pandemi Covid-19, rapat pleno penetapan tersebut akan digelar di ruang rapat gedung kantor KPU Tabanan dengan jumlah undangan dibatasi.
Ketua KPU Tabanan, Gede Putu Weda Subawa mengatakan, pihaknya telah menerima surat turunan MK dari KPU RI, Rabu (20/1) malam, dimana sesuai surat tersebut disampaikan bahwa dalam Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) yang dikeluarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pelaksanaan Pilkada di kabupaten Tabanan tidak ada gugatan terkait dengan hasil pemilihan. 
Untuk itu, daerah dapat menetapkan pasangan calon terpilih, dalam rapat pleno penetapan. KPU Tabanan juga akan membatasi jumlah undangan, lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dan hanya akan mengundang setidaknya 17 orang saja yakni dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, Bawaslu, pimpinan partai politik pengusung, perwakilan dari Kesbanglinmas dan DPRD. 
Dan proses penetapan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan juga dapat diakses oleh masyarakat melalui akun KPU Tabanan karena akan disiarkan secara langsung. Begitu juga rencananya akan disiapkan layar di bawah gedung kantor KPU Tabanan untuk media yang hendak mengikuti jalannya kegiatan penetapan. Pembatasan jumlah undangan ini juga sebagai tindak lanjut mengikuti aturan pemerintah terkait dengan penerapan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19.
“Jadi hanya pihak terkait saja yang kami undang, karena tinggal penetapan saja, kegiatan juga tidak banyak, hanya membuat berita acara dan surat keputusan saja,” kata Weda Subawa.
Nantinya, sambung dia, berita acara itu akan diserahkan kepada DPRD untuk ditindaklanjuti. Karena untuk pengusulan pengambilan sumpah paslon terpilih dilaksanakan oleh DPRD. Dan pengambilan sumpah tersebut nantinya akan dilakukan Mendagri melalui Gubernur. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Penetapan Bupati Pilkada Di Tabanan KPU Tabanan Rapat Pleno Penetapan


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV