News

Sentra Ternak Sobangan Terapkan Manajemen Kesehatan dan Limbah

Jumat, 26 Maret 2021 | 22:30 WITA
Sentra Ternak Sobangan Terapkan Manajemen Kesehatan dan Limbah

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Kepala UPT Sentra Ternak Sobangan, Ketut Sutama mengatakan manajeman kesehatan hewan (sapi) di Sentra Ternak Sobangan sangat diperhatikan dengan baik, manajemen kesehatan sampai manajeman pengolahan limbah.
Hal tersebut dilakukan dikarenakan menyangkut kelangsungan kesehatan serta umur hidup sapi saat ini maupun kedepan.  "Dua manajemen tersebut telah kami perhatikan dengan sangat baik sekali," jelasnya, Kamis (25/3) saat ditemui di ruang kerjanya di Desa Sobangan, Mengwi, Badung.
Manajemen kesehatan hewan misalnya, ditekankan pada tindakan bersifat promotif dan preventif karena akan lebih mengutunkan. Adapun tindakan promotif dan preventif dilakukan, memberikan pakan bergisi ditambah pemberian vitamin dan mineral serta memberi obat cacing secara berkala dengan pengulangan 3 bulan sekali.
"Memberikan vaksinasi SE secara rutin setiap 6 bulan sekali kami lakukan," ujarnya.
Selain itu, menjaga kebersihan kandang serta melakukan spraying insektisida dan desinfektan guna membasmi faktor pembawa penyakit serta untuk sterilisasi kandang lanjut diperhatikan juga.
"Tindakan bersifat kuratif dan rehabilitatif dilakukan sampai pada perawatan induk sapi baru melahirkan dan perawatan pendet lebih intensif dilakukan," katanya.
Selain itu, tindakan kuratif dilakukan pada sapi menunjukkan gejala sakit. Kemudian pengelolaan manajemen limbah tak kalah penting untuk diperhatikan dengan baik juga. Tentu hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan.
Terkait hal tersebut Sentra Ternak Sobangan telah menjalin kerjasama dengan salah satu kelompok yang memang khusus mengolah limbah padat menjadi pupuk organik.
"Semua dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan instalasi penanganan limbah yang ada.Selain itu, guna mewujudkan sentral ternak sobangan yang ramah lingkungan," tutupnya.

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV