Hukrim

Selain Ceburkan Diri di Laut dengan Motor, Ini Alasan Sergei Kosenko Dideportasi

Senin, 25 Januari 2021 | 09:55 WITA
Selain Ceburkan Diri di Laut dengan Motor, Ini Alasan Sergei Kosenko Dideportasi

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Aksi bule Rusia, Sergei Kosenko, yang viral setelah menceburkan diri ke laut mengunakan sepeda motor di wilayah Karangasem menjadi perhatian pihak Imigrasi Bali. 
Setelah dipanggil dan diperiksa, bule yang tinggal di Jalan Siligita Nusa Dua itu langsung dideportasi ke negaranya, Minggu (24/1/2021). Aksi Sergei membuat kaget masyarakat Bali khususnya masyarakat Karangasem. 

BACA JUGA:

Pasalnya, pada Bulan Desember 2020 lalu, pria ini nekat mencari sensasi terjun ke laut dengan sepeda motornya. Bahkan aksi ini diposting di akun instagram miliknya, @sergey_konsenko. 
"Ia mengunggah video tengah melakukan aksi berbahaya dengan terjun ke laut sambil mengendarai sepeda motor. Sehingga, Video tersebut menjadi trending topic pada media sosial atau media mainstream pada tanggal 15 Desember 2020," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk, saat konferensi pers dengan awak media, Minggu (24/1/2021).  
Menindaklanjuti viral tersebut, pihak Imigrasi melakukan pemanggilan terhadap Sergei Kosenko. Setelah dimintai keteranganya, Sergei tercatat sebagai pemegang Paspor Nomor 7562284** dengan masa berlaku 21 Oktober 2017 hingga 21 Oktober 2027. 
Sergei diketahui masuk ke wilayah Indonesia tanggal 31 Oktober 2020 melalui TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno Hatta dengan menggunakan visa izin tinggal tanggal 29 Desember 2020 dan telah diperpanjang sampai dengan tanggal 28 Januari 2021. 
Saat diperiksa, Sergei mengaku sedang menyewa sebuah private villa di daerah Berawa, Canggu. Bahkan ia, juga pernah berpindah-pindah menginap di beberapa tempat di Bali dan Lombok. 
"Terakhir Sergei Kosenko tinggal di W Hotel Seminyak," ungkap Jamaruli Manihuruk. 
Dalam proses pemeriksaan selanjutnya, Sergei Kosenko terbukti melakukan pelanggaran dengan mengadakan party tanpa memperhatikan protokol Kesehatan di daerah Badung. Kegiatan tersebut diunggah di akun Instagram miliknya  @sergey_kosenko  pada Senin tanggal 11 Januari 2021. 
"Kegiatan tersebut telah melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku salah satunya berupa Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 02 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ungkap Jamaruli. 
Sehingga patut diduga Sergei telah melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian, yang menentukan bahwa Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administratif terhadap Orang Asing yang berada di Wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak mentaati peraturan perundang-undangan. 

BACA JUGA:

tyle="margin-bottom: 15px;">Selain itu, Jamaruli kembali mengatakan dari hasil pemeriksaan diketahui pula bahwa Sergei Kosenko telah melakukan kegiatan-kegiatan seperti menjadi seorang duta yang mewakili kegiatan dari perusahaan tertentu, mengundang investor, dan menjadi seorang marketing dengan mempromosikan produk sebuah perusahaan tertentu. 
Tentunya, kegiatannya ini tidak sesuai dengan persetujuan telex visa B211B dibawah seorang penjamin dari sebuah PT. 
Akibatnya, Sergei Kosenko telah melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf a jo. Pasal 123 huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. 
Sebagai langkah penegakan hukum terhadap Sergei, pihak Imigrasi mengenakan Sergei dengan tindakan Administratif Keimigrasian berupa Pendeportasian dan Penangkalan sebagaimana diatur dalam Pasal 75 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. 
Selanjutnya, pihak Imigrasi Bali melakukan deportasi terhadap Sergei pada Minggu (24/1/2021) sore, melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Soekarno-Hatta dan selanjutnya menuju ke negara asalnya. 
"Benar, yang bersangkutan sudah kami deportasi ke negaranya Minggu sore tadi," ungkapnya.

Penulis : Surya Kelana

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Menceburkan diri ke Laut Sergei Senko Imigrasi Bali Dideportasi


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :

Minggu, 11 April 2021 | 08:05
Gempa 5.5 Magnitudo Kembali Guncang Malang
Gempa berkekuatan 5.5 magnitudo kembali mengguncang Malang, Jawa Timur pada Minggu (11/4/2021) pukul ...
Sabtu, 10 April 2021 | 23:50
Basarnas, TNI, Polri dan SAR Latihan Bersama
Dalam rangka tercapainya sinergitas TNI/ Polri dan instansi pengemban fungsi Kebencanaan Satuan Brim ...
Sabtu, 10 April 2021 | 23:00
BNPB: 7 Korban Meninggal Akibat Gempa Malang
Hingga pukul 20.00 WIB, BNPB melaporkan total ada tujuh korban meninggal akibat Gempa Malang, Jawa T ...
Sabtu, 10 April 2021 | 22:45
Hadiri Seleksi Tilawatil Qur’an, Bupati Tamba Ajak Bangun Kebersamaan dan Perkokoh NKRI
Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Jembrana menggelar seleksi Tilawatil Qu ...
Sabtu, 10 April 2021 | 22:40
3 Wanita Uzbekistan Jadi PSK di Bali, Diduga Karena Faktor Ekonomi
Kasus prostitusi melibatkan warga negara asing (WNA) yakni tiga orang bule Uzbekistan di Bali berhas ...


Berita Lainnya

Minggu, 21 Maret 2021 | 12:00
Warga Heboh Setelah Menemukan Bangkai Diduga Gajah Mina
Warga Setapang Desa Kelanga, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, dihebohkan dengan kebe ...
Rabu, 07 April 2021 | 11:10
Dari Rp17 Miliar, Uang Pasutri Ini Kini Hanya Sisa Rp50 Juta
Dalam beberapa waktu yang lalu, keberadaan Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur menja ...
Senin, 22 Maret 2021 | 16:45
2 Warga Asing Resmi Jadi WNI, Ternyata Punya Usaha di Bali
Bertempat di Aula Dharmawangsa Kementerian Hukum dan HAM Bali, Kepala Kantor Wilayah Kementeria ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV