News

Hari Ini Kasus Covid-19 RI Diprediksi Tembus 1 Juta

Selasa, 26 Januari 2021 | 10:20 WITA
Hari Ini Kasus Covid-19 RI Diprediksi Tembus 1 Juta

beritabali.com/ist/Hari Ini Kasus Covid-19 RI Diprediksi Tembus 1 Juta

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Epidemiolog dari Universitas Airlangga Surabaya, Windhu Purnomo mengatakan tingginya angka positivity rate sejalan dengan rendahnya jumlah tes Covid-19 harian yang dilakukan pemerintah.
Menurut Windhu, selama ini pemerintah sudah senang dengan hanya memenuhi standar testing yang ditetapkan WHO sebesar 1.000 orang dari 1 juta tes per pekan. Padahal jumlah itu harusnya lebih tinggi mengingat populasi penduduk Indonesia yang besar.
Sementara, kata dia, Indonesia saat ini hanya menempati posisi 159 dari seluruh negara di dunia berdasarkan jumlah tes yang dilakukan. Peringkat itu bahkan tak berbeda jauh dengan negara-negara berkembang seperti Bangladesh hingga Ethiopia.
Padahal, menurut Windhu, Indonesia mestinya bisa menyamai jumlah testing yang telah dilakukan India yang telah menyentuh angka 13 persen di atas standar WHO sebesar 1 persen dari populasi penduduk per hari.
"Masa mau seperti itu. Masa kalah sama India, kalah sama Brazil yang sebetulnya itu adalah negara-negara yang selevel dengan kita yang jumlah penduduknya tinggi," kata dia dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (24/1/2021).
Windhu mengatakan upaya menurunkan positivity rate harus sejalan dengan meningkatnya jumlah pemeriksaan atau denominator dan upaya untuk menurunkan angka positif atau numerator.(sumber: cnbcindonesia.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : Hari Ini Kasus Covid-19 RI Diprediksi Tembus 1 Juta Bali Beritabali


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV