News

SE Gubernur Perpanjang PPKM di Bali, Aturan Jam Operasional Usaha Diubah

Selasa, 26 Januari 2021 | 10:50 WITA
SE Gubernur Perpanjang PPKM di Bali, Aturan Jam Operasional Usaha Diubah

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Gubernur Bali Wayan Koster resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 02 Tahun 2021. 
Pada SE No 02 Tahun 2021 terdapat sejumlah perubahan dari SE sebelumnya dimana perpanjangan ini akan berlaku dari 26 Januari-8 Februari 2021 dan membatasi kegiatan operasional usaha yang sebelumnya pukul 21.00 WITA kini hanya sampai dengan pukul 20.00 WITA.
"SE ini dibuat berdasarkan Instruksi Mendagri No 02 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19," demikian disebut surat edaran itu dikutip dari Antara, Senin (25/1/2021).
Menurut dia, dikeluarkannya SE Gubernur Bali itu juga karena memperhatikan semakin tingginya penularan kasus COVID-19 di wilayah Provinsi Bali saat ini yang ditandai dengan peningkatan kasus harian COVID-19.
"Perlu bagi semua pihak untuk menjaga kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, serta citra positif Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia," ujarnya.
Dalam SE tertanggal 24 Januari 2021 yang berlaku dari 26 Januari-8 Februari 2021 itu diantaranya mengatur bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang akan memasuki wilayah Bali dengan transportasi udara, darat dan laut.
Bagi yang menggunakan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji usap berbasis PCR paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan atau surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen paling lama 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, dan mengisi e-HAC Indonesia.
Bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi darat dan laut wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji usap berbasis PCR paling lama 2 x 24 jam sebelum keberangkatan atau surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen paling lama 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
Anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif  tes usap berbasis PCR atau tes cepat antigen. Surat keterangan hasil negatif tes cepat berbasis PCR dan hasil negatif tes cepat antigen berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan.
Yang berubah dalam SE Perpanjangan PPKM dibandingkan SE No 01/2021 sebelumnya yakni pembatasan kegiatan operasional usaha sampai dengan pukul 20.00 Wita. Sebelumnya operasional usaha pusat perbelanjaan dibatasi hingga pukul 21.00 Wita.
"Selain itu, kegiatan di fasilitas umum, kegiatan adat, agama, dan sosial budaya yang dapat menimbulkan kerumunan dilaksanakan dengan peserta dan durasi waktu yang sangat terbatas," ucap Koster.
Selanjutnya, setiap orang, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum yang melanggar ketentuan protokol kesehatan dikenakan sanksi secara tegas sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

BACA JUGA:

: 15px;">"Kepada bupati/wali kota se-Bali agar membuat pengaturan yang lebih detail dan spesifik tentang pembatasan kegiatan ekonomi, adat, agama, dan sosial budaya di wilayah masing-masing serta mengoordinasikan, mengomunikasikan, dan menyosialisasikan edaran ini untuk dilaksanakan dengan tertib, disiplin, dan penuh tanggung jawab," ujarnya.
Gubernur Bali juga memohon Panglima Kodam IX/Udayana dan Kepala Kepolisian Daerah Bali untuk melakukan operasi penegakan disiplin yang lebih intensif, masif, dan tegas guna memastikan terlaksananya SE ini secara efektif.
Perpanjangan PPKM untuk di Provinsi Bali berlaku untuk lima kabupaten/kota, yakni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Klungkung.

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Koster PPKM Perpanjangan PPKM Pembatasan Kegiatan Operasional Usaha SE Gubernur Bali


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :

Minggu, 09 Mei 2021 | 13:45
Sebelum SPBU Tebongkang Ubud Kebakaran, Sempat Ada Oknum Karyawan Curang Viral
Kobaran api melahap mesin pengisi BBM SPBU 5480503 di Banjar Tebongkang, Desa Singakerta, Kecamatan ...
Minggu, 09 Mei 2021 | 11:35
Fakultas Pariwisata Unud Gelar Penghijauan dan Temu Alumni
Fakultas Pariwisata Universitas Udayana menyelenggarakan kegiatan Penghijauan Kampus dan Temu Alumni ...
Minggu, 09 Mei 2021 | 11:00
Tanggapi Kelas Orgasme di Bali, MUI: Seksualitas Tidak Perlu Diajarkan ke Masyarakat
Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengkritik bisnis 'kelas orgasme' yang dik ...
Minggu, 09 Mei 2021 | 08:55
Pria Ditangkap Karena Nekat Sebarkan Foto Syur Mantan Pacar
Tak terima cintanya diputus sang pacar, seorang pria berinisial I (32 tahun) nekat mengunggah foto s ...
Sabtu, 08 Mei 2021 | 22:40
Meski Penularan Covid-19 di Bali Sedang, Shalat Ied Disarankan Tak Berjamaah
Penularan virus covid-19 di Bali dinilai relatif sedang. Dari sembilan daerah, delapan di antaranya ...


Berita Lainnya

Kamis, 29 April 2021 | 16:50
Sidang Oknum Sulinggih, Saksi Korban Sebut Sempat Diraba Payudaranya Saat Melukat
Majelis Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar tidak mengabulkan permintaan dari pihak terdakwa I ...
Minggu, 02 Mei 2021 | 07:45
Gubernur Bali dari Jaman ke Jaman
Gubernur Bali hadir silih berganti. Tercatat sejak tahun 1950 Bali dipimpin oleh 10 pemimpin baik Gu ...
Senin, 26 April 2021 | 14:05
Sejak Lahir, Almarhum Brigjen TNI Gusti Putu Danny Belum Pernah Pulkam di Gianyar
Rumah keluarga Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya ada di Lingkungan Kelod Ka ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV