Ekbis

Samsung A02s Versus Samsung Galaxy A11, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

Kamis, 28 Januari 2021 | 14:50 WITA
Samsung A02s Versus Samsung Galaxy A11, Harga Beda Tipis Pilih Mana?

bbn/YouTube

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Di awal tahun 2021 ini, Samsung si perusahaan konglomerat asal Korea Selatan, kembali meluncurkan ponsel pintar baru di Indonesia.  Mengawali 2021 dengan ponsel di kelas entry level, Galaxy A02s dihadirkan untuk konsumen dengan budget di bawah Rp 2 juta. Seperti biasa, ponsel Samsung selalu menjadi incaran karena kualitas yang dikenal baik dan prestisenya. 
Tetapi, ternyata Samsung A02s punya pesaing yang berasal dari merek yang sama. Rivalnya adalah pendahulunya, Samsung Galaxy 11 yang sudah dirilis lebih dulu di bulan Juni 2020. 
Keduanya punya spesifikasi dan fitur yang berbeda, tetapi harga jualnya tidak terpaut jauh. Galaxy A11 dipasarkan dengan harga Rp 1.9 jutaan di awal peluncurannya. Saat ini, harganya sudah turun menjadi Rp 1.8 jutaan. 
Sementara Samsung A02s yang baru diluncurkan punya 2 versi. Varian RAM 3 GB dan kapasitas memori internal 32 GB dipasarkan dengan harga Rp 1.7 jutaan, sedangkan varian RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB dipasarkan dengan garga Rp 1.9 jutaan. Jadi harganya hanya terpaut Rp100 ribu saja dengan Galaxy A11. 
Perbedaan yang tipis ini bisa membuat konsumen menimbang-nimbang, sebaiknya beli yang mana? Kalau Anda termasuk salah satunya, sebaiknya simak perbandingan kedua ponsel entry level dari Samsung ini sebelum membeli.
Bodi, Mana yang Lebih Ringan?
Jika dilihat sekilas, ukuran bodi Galaxy A11 dengan Samsung A02s terlihat mirip. Ini karena ukurannya memang hanya beda sangat tipis. Dimensi Galaxy A11 persisnya adalah 161.4 x 76.3 x 8 mm dengan bobot 177 gram. Sementara dimensi Samsung A02s adalah 164.2 x 75.9 x 9.1 mm dengan bobot 196 gram. Jadi, secara dimensi dan bobot, Galaxy A11 memang lebih ringan dari Samsung A02s. 
Tetapi perbedaan bobotnya hanya terpaut 19 gram saja, tidak akan terlalu terasa jika dibawa-bawa. Bagi yang lebih suka ponsel yang lebih besar, Samsung A02s adalah pilihannya. Sementara bagi yang suka bobot lebih ringan, Galaxy A11 lebih cocok.
Desain, Mana yang Anti Selip?
Baik Galaxy A11 maupun Samsung A02s sama-sama terbuat dari kaca di bagian depan, bingkainya terbuat dari plastik, sementara bagian belakangnya terbuat dari plastik polikarbonat. Secara umum, keduanya terbuat dari bahan yang sama. Galaxy A11 mempunya hasil akhir glossy atau mengilap dengan kilauan holografik di beberapa bagian yang membuatnya tampak trendi. 
Kamera belakangnya membentuk garis lurus memanjang ke bawah yang desain panelnya sudah dipakai pada ponsel keluaran tahun 2019 sampai pertengahan 2020. 
Sementara itu, Samsung A02s bodi belakangnya dibuat bertekstur. Selain membuat tampilannya jadi lebih cantik, tekstur ini juga berfungsi agar ponsel tidak licin dan mudah selip saat digenggam. Tampilannya lebih ke arah matte, tidak mengilap. 
Sementara untuk panel kamera belakang, karena ponsel ini baru diluncurkan tentunya mengadopsi desain yang terkini. Panel kamera segi empat yang tampak modern menghiasi bagian belakang ponsel. Jumlah kameranya sendiri sama saja, ada 3 kamera belakang dengan 1 lampu flash, hanya desain panelnya saja yang berbeda. Jadi untuk segi desain, tergantung selera masing-masing lebih suka seri yang mana.
Layar, Mana yang Resolusinya Lebih Besar?
Samsung Galaxy A11 dan A02s adalah ponsel entry level dari Samsung. Karena itu, untuk layarnya wajar saja jika masih menggunakan layar PLS, yang merupakan layar IPS dari Samsung. Hasil gambar yang diproyeksikan di layar PLS memang belum setajam layar AMOLED, tetapi sudah baik dan nyaman untuk streaming video maupun main game. Perbedaan layar kedua ponsel ini terletak pada ukurannya. Galaxy A11 memiliki ukuran layar 6.4 inci dengan screen to body rasio sebesar 81.6%.   Sementara Samsung A02s berukuran 6.5 inci dengan rasio screen to body 81.8%. Keduanyasama-sama menghasilkan gambar dan video HD+ namun dengan resolusi yang berbeda tipis. Galaxy A11 resolusinya adalah 720 x 1560 pixels, sementara Samsung A02s resolusinya sebesar 720 x 1600 pixels. Dari segi tampilan gambar dan ketajaman, tampak Samsung A02s lebih unggul meski hanya berbeda sedikit saja. Sementara untuk desain layar, keduanya memiliki desain yang berbeda. 
Samsung Galaxy A11 yang dirilis di Indonesia pertengahan tahun lalu bisa dibilang dilengkapi desain layar yang lebih modern, nih. Ini karena kameranya berdesain punch hole atau 1 titik yang diletakkan di samping kiri layar. Desain ini membuat layar terkesan luas.  Sementara Samsung A02s yang dirilis di awal tahun 2021 justru memiliki desain layar poni dengan tetesan di bagian atas layar. Ini adalah desain yang relatif cukup lama. Lagi-lagi soal desain tentu tergantung selera masing-masing mana yang lebih Anda sukai.
Sistem Operasi
Baik Samsung Galaxy A11 maupun A02s sama-sama masih menggunakan sistem operasi Android 10, belum menggunakan Android 11. Jadi dari segi tampilan antarmuka, keduanya hampir sama. Sudah cukup memadai untuk mendapatkan layanan yang terkini dan relevan digunakan untuk kebutuhan berbagai aktivitas lewat ponsel masa kini.
Prosesor, Mana yang Lebih Cepat?
Kedua ponsel ini sama-sama menggunakan chipset Qualcomm 450 Snapdragon 450. Hanya saja Galaxy A11 ukurannya 11 nm, sementara Samsung A02s 14 nm. Sementara CPU yang digunakan sama yaitu Octa-core 1.8 GHz Cortex A53 dengan GPU yang sama pula yaitu Adreno 506. Sehingga dari segi dapur pacu dan performa ponsel, perbedaannya juga sangat tipis. 
Kedua ponsel ini sudah bisa dijadikan andalan untuk aktivitas ringan Anda yang biasa dilakukan sehari-hari. Misalnya untuk chatting, media sosial, dan membuka beberapa aplikasi lainnya. Kelebihan chipset yang digunakan kedua ponsel ini adalah irit dan tidak mengonsumsi banyak energi. Jadi bisa lebih hemat daya, deh.
RAM dan Memori Internal
Dari segi memori, kedua ponsel ini punya ukuran yang berbeda. Sama-sama memiliki 2 pilihan RAM, Galaxy A11 punya pilihan RAM sebesar 2 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB atau 64 GB. Mau menambahkan memori eksternal di Galaxy A11? Bisa, karena sudah ada slot khusus di SIM tray untuk microSDXC. Anda bisa memperluas memori eksternal hingga 512 GB. Sudah sangat memadai untuk menyimpan berbagai macam dokumen mulai dari foto, video, berbagai aplikasi, dan lain-lain. 
Sementara untuk Samsung A02s, pilihan RAM yang bisa Anda pilih adalah 3 GB dengan memori internal 32 GB atau RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Jika memori internalnya masih kurang, Anda juga bisa menambahkan memori eksternal pada Samsung A02s. Jadi pilihan RAM sebenarnya hampir sama, kecuali jika memilih Samsung A02s yang kapasitas RAM 4 GB, tentu performa ponsel akan lebih baik.
Kualitas Kamera 
Kedua ponsel ini sama-sama memiliki 3 kamera di bagian belakang, sementara kamera selfienya tunggal. Resolusi gambar yang dihasilkan hampir sama, hanya saja menariknya beberapa kamera Galaxy A11 justru memiliki piksel yang lebih besar dibandingkan dengan Samsung A02s. Kamera belakang Galaxy A11 adalah kamera wide 13 MP, ultrawide 5 MP, dan depth 2 MP. Sementara kamera depannya berukuran 8 MP.  Sementara Samsung A02s kamera belakangnya adalah kamera wide 13 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Untuk kamera selfie, resolusinya lebih kecil yaitu 5 MP. Samsung Galaxy A11 punya fitur kamera LED flash, panorama, dan HDR. Sementara A02s justru hanya dilengkapi dengan LED flash saja. Untuk kamera video yang dihasilkan adalah sama, yaitu 1080p @30fps.
Sensor Fingerprint
Kebanyakan ponsel pintar masa kini pasti dilengkapi dengan sensor sidik jari. Ada yang letaknya di belakang, samping ponsel, atau di dalam layar. Samsung Galaxy A11 punya sensor sidik jari di bagian belakangnya. Posisinya pas karena cukup mudah dan nyaman dijangkau jari. 
Jadi saat menyalakan ponsel dari kondisi idle atau saat harus membuka aplikasi yang dikunci dengan fingerprint, Anda tidak perlu waktu lama dan kesusahan. Bagaimana dengan Samsung A02s? Meski dirilis lebih baru daripada A11, tetapi A02s tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari. Tapi tenang saja, Anda bisa tetap menjaga data pribadi di Samsung A02s. Untuk menambahkan keamanan pada ponsel ini, Anda bisa menggunakan fitur Face Unlock. 
Ketahanan Baterai dan Fast Charging
Untuk kapasitas baterai, keduanya memiliki ukuran yang berbeda tapi sama-sama sudah dilengkapi ukuran yang besar untuk memenuhi kebutuhan kaum milenial. Galaxy A11 memiliki kapasitas baterai 4000 mAh, sementara Samsung A02s kapasitas baterainya adalah 5000 mAh.  Untuk teknologi pengisian daya cepat, keduanya sudah dibekali dengan teknologi fast charging 15 Watt. Untuk mengisi daya dari 0% hingga 100% dibutuhkan waktu kira-kira selama 2 jam saja. Untuk pemakaian normal, kedua ponsel ini sudah tahan seharian. Kalau aktivitas penggunaan ponsel cukup intens, hanya butuh 1 kali saja dalam sehari untuk mengisi daya. 
Pilihan Warna 
Samsung selalu menyediakan beberapa pilihan warna pada ponselnya agar konsumen dapat memilih sesuai dengan selera. Dari segi warna, Galaxy A11 punya opsi yang lebih banyak, nih. Tepatnya ada 4 pilihan warna yaitu hitam, putih, biru, dan merah. Sementara Samsung A02s hanya punya 3 pilihan, yaitu hitam, putih, dan navy. 
Pilih Samsung Galaxy A11 atau A02s?
Kalau soal pilihan, tentu kembali kepada selera dan kebutuhan masing-masing, karena setiap orang pasti punya keinginan yang berbeda-beda. Kedua ponsel ini pastinya memiliki banyak persamaan, seperti dari segi kamera yang menjadi penentu utama bagi banyak pembeli ponsel. 
Kualitas gambar maupun video yang dihasilkan keduanya hampir sama. Begitu juga dengan prosesor juga hampir sama. Kedua ponsel ini sudah cukup digunakan sebagai daily driver untuk kegiatan harian yang ringan. Perbedaan yang sangat terlihat justru dari segi desain.  Kalau ingin ponsel yang desain layarnya lebih kekinian dengan kamera model punch hole, maka Galaxy A11 lebih cocok untuk Anda. Tapi jika ingin yang anti selip dengan finishing matte, maka bisa pilih Samsung A02s. Nah, kalau Anda sudah menentukan pilihan, Anda bisa mendapatkan kedua ponsel ini di toko online favorit. Selamat belanja!

Penulis : I Komang Robby Patria

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV