News

Hasil Rapid Test Antigen Acak Pedagang Pasar Samplangan Gianyar

Minggu, 07 Februari 2021 | 20:10 WITA
Hasil Rapid Test Antigen Acak Pedagang Pasar Samplangan Gianyar

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Komandan Kodim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro pimpin operasi Yustisi PPKM yang digelar oleh Satgas gabungan operasi PPKM Kabupaten Gianyar di Relokasi Pasar Umum Samplangan Gianyar, Minggu (7/2). 
Sekaligus dilaksanakan rapid test antigen bagi pengunjung dan pedagang di Pasar Samplangan secara acak. Rapid tes antigen gratis ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar. Turut hadir Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, dan Asisten III Setda Kab Gianyar Ngakan Darma Jati. 
Kadis Perindag Kabupaten Gianyar Ni Luh Gede Eka Suari, Kasat Pol PP Gianyar Drs I Made Wartha, Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Suamba dan unsur Muspika Gianyar. 
Saat ditemui di lokasi kegiatan Dandim 1616/Gianyar mengatakan Operasi Yustisi PPKM oleh tim gabungan menyasar pembeli dan pedagang serta masyarakat di Pasar Samplangan
Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona terutama di areal publik yang sering dikunjungi oleh masyarakat dengan memberikan himbauan dan teguran secara humanis. Lebih lanjut Dandim mengatakan pada kesempatan tersebut juga digelar rapid tes antigen secara gratis. 
Ini dengan sistem acak pada masyarakat yang melaksanakan aktivitas di Pasar Samplangan guna mengetahui sejauh mana kondisi masyarakat saat ini. Sosialisasi prokes dan rapid antigen ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19. 
"Dari hasil Rapid Antigen yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Gianyar I erhadap 10 orang  masyarakat dengan hasil seluruhnya Non Reaktif/Negatif Covid 19," ucap Dandim Frandi Siboro. 
Pada kesempatan tersebut Dandim 1616/Gianyar yang didampingi Kapolres Gianyar secara langsung meninjau relokasi Pasar Umum Samplangan dan memberikan edukasi kepada para pedagang agar selalu memakai masker dalam penerapan 3 M selanjutnya Dandim dan Kapolres memberikan beberapa masker kepada para pedagang.
Kasatpol PP Kabupaten Gianyar Drs I Made Wartha mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menerapkan disiplin dan penegakan Hukum Protokol Kesehatan di wilayah Kabupaten Gianyar dan dalam hal ini Pemda Gianyar secara aktif bekerjasama dengan TNI-Polri sehingga laju penyebaran Covid 19 diKabupaten Gianyar dapat ditekan.
Salah satu pedagang yang dirapid antigen, I Made Lebih, 61, asal Desa Lebih, Kecamatan Gianyar. Lansia ini mengeluhkan suara serak lalu berinisiatif diuji antigen. Setelah beberapa menit, hasil uji rapid antigen menunjukkan negatif. 
Beberapa pedagang juga mengikuti tes diantaranya Dewa Nyoman Sayang asal Lingkungan Candi Baru Gianyar, dan pecalang yang sehari-harinya berjaga di Pasar Samplangan. 
Sementara terkait kegiatan keagamaan yang berpotensi terjadinya kerumunan, Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana berharap harus mentaati protokol kesehatan. Untuk kegiatan adat dan agama tidak ada pelarangan. Asalkan peserta dibatasi, maksimal 25 persen dari kapasitas, untuk mencegah terjadinya kerumunan. 
Selain itu protokol lainnya juga harus tetap diterapkan, memakai masker dan menyediakan tempat-tempat cuci tangan serta menyediakan hand sanitizer. 
"Secara umum kegiatan adat dan agama yang dilaksanakan oleh masyarakat Gianyar sudah mematuhi protokol kesehatan, hanya yang terus kita tegaskan disiplin masyarakatnya harus terus terjaga," kata AKBP Dewa Made Adnyana.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Operasi Yustisi PPKM Rapid Test Antigen Pasar Samplangan Pedagang Acak


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV