News

Percepat Penanganan Sampah, Bupati Mahayastra Serahkan 1 Unit Truk

Jumat, 19 Februari 2021 | 17:45 WITA
Percepat Penanganan Sampah, Bupati Mahayastra Serahkan 1 Unit Truk

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Bupati Gianyar, Made Mahayastra menyerahkan 1 unit truk sampah kepada Desa Taro, Jumat (19/2) di TPS3R Desa Taro, Kecamatan Tegallalang. 
Hal ini bertujuan untuk menggalakkan penanganan sampah dari hulu serta optimalkan peran tempat penampungan sampah berbasis reduce, reuse, dan recycle (TPS3R). Di samping itu, TPS3R Desa Taro merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Gianyar karena telah menunjukkan percepatan dalam pengelolaannya serta dijadikan TPS percontohan oleh Gubernur Bali.
“Hari ini saya menyerahkan 1 unit truk untuk operasional Desa Taro yang telah memiliki TPS3R. Dimana TPS ini menjadi kebanggaan kita di Kabupaten Gianyar yang mana telah dijadikan percontohan oleh Gubernur Bali,” ujar Bupati Mahayastra.
Ditambahkannya, Gianyar sampai saat ini telah memiliki 6 TPS3R dan salah satunya yang paling cepat pengelolaannya yang dimiliki Desa Taro mengingat regulasi yang ada hingga tingkatan terbawah. 
“Dari 6 TPS3R yang ada di Gianyar, TPS3R Desa Taro menjadi yang paling cepat pengelolaannya. Dimana telah dilihat, dan dilirik gubernur terkait penanganannya karena paling lengkap. Baik dari sisi regulasi yang ada di desa serta pararem yang ada di banjar yang mendukung penuh kebijakan bupati dan gubenur terkait penanganan sampah dari hulu,” imbuhnya.
Ke depan, Bupati Mahayastra berharap TPS3R  mampu  bersinergi dengan pusat pangan alami mandiri asri dan nyaman (Puspa Aman) yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan  dimana hasil pupuk dari TPS3R  bisa digunakan di msing masing desa yang memiliki Puspa Aman. Dimana tujuan utama dari Puspa Aman untuk menjaga ketahanan pangan desa.
Mengingat sampah menjadi isu yang sangat menarik, Bupati Mahayastra mengajak  masyarakat untuk mengubah kesan jorok TPS menjadi tempat yang layak dikunjungi. 
“Kalau berhasil menangani sampah, wisatawan akan datang terlebih lagi TPS bisa dijadikan sebagai tempat praweding, bahkan piknik bagi masyarakat namun harus kita kemas agar kesan TPS yang jorok menjadi tempat yang layak dikunjungi,” tandasnya.
Diakhir sambutannya Bupati Mahayastra juga menggemakan untuk tetap menjaga kebersihan desa tanpa mengotori desa lain. “Desaku bersih tanpa mengotori desa lain,” pungkas Bupati Mahayastra.  
Sejalan dengan bupati, Kepala Desa Taro Wayan Warka mengemukakan kegembiraanya dengan diberikannya 1 unit bantuan truk dari bupati mampu mempercepat pengangkatan sampah yang ada di desanya. 
“Harapannya dengan bantuan truk, pengangkutan sampah bisa dilakukan lebih maksimal lagi. Karena kami di Desa Taro menerapkan sistem pemilahan sampah dari rumah tangga,” harap Warka.
Desa Taro sendiri kini memiliki 2 unit truk yang akan dipergunakan untuk mengangkut sampah warga. Dimana truk berwarna hijau akan digunakan untuk mengangkut sampah organik sedangkan truk merah yang baru diberikan bupati akan dipergunakan untuk mengangkut sampah anorganik.
Warka menambahkan, sebagai implementasi peraturan gubernur dan bupati terkait pengelolaan sampah dari sumbernya, Desa Taro telah memiliki peraturan desa yang ditopang kuat dengan pararem yang ada di setiap desa adat. 
le="margin-bottom: 15px;">“Di sini kami memiliki peraturan desa dan kami perkuat lagi dengan  pararem dan awig-awig adat agar masyarakat  taat memilah sampah bahkan jika ada warga yang tidak memilah sampah, sampahnya  tidak akan diangkut terlebih lagi  mendapat sanksi dari adat,” tuturnya.
Terkait dijadikannya Desa Taro sebagai desa percontohan dalam pengelolaan sampah oleh Gubernur Bali, Kades Warka mengaku sangat senang dan bangga terlebih lagi dengan pengelolaan sampah yang baik akan membawa kesan baik bagi desanya sendiri. 
“Dengan pengelolaan sampah yang baik desa menjadi bersih, masyarakat sehat, alam terjaga dengan baik. Tentunya semua ini dapat terwujud dengan sinergi yang baik antara dinas dan adat,” pungkas Warka.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Truk Sampah Penanganan Sampah Desa Taro TPS3R Bupati Mahayastra


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :

Selasa, 15 Juni 2021 | 12:35
Gegara Lonjakan Covid-19, DPR Minta Sekolah Tatap Muka Ditunda
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah menunda pembukaan sekolah tatap muka yang diren ...
Selasa, 15 Juni 2021 | 12:20
Pemuda Ditangkap Warga, Diduga Sembunyikan Istri Orang
Seorang pemuda di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditangkap warga karena diduga menyembunyikan ist ...
Selasa, 15 Juni 2021 | 12:10
Viral Video Poster Film Sedang Diganti Petugas Bioskop
Menonton film di bioskop, menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang kerap dilakukan oleh beberap ...
Selasa, 15 Juni 2021 | 12:00
Viral Momen Pelepasan Penyu Raksasa ke Laut
Video detik-detik pelepasan penyu raksasa telah menjadi viral di media sosial. Penyu Belimbing beruk ...
Selasa, 15 Juni 2021 | 11:45
Viral Aksi Ibu-Ibu Naik Motor Serba Pink
Setiap orang tentu memiliki warna favorit mereka masing-masing. Bahkan, ada beberapa orang yang tota ...


Berita Lainnya

Sabtu, 22 Mei 2021 | 12:50
Kawah Misterius Muncul di Perairan Utara Bali, Ini Penjelasan Pakar
Kapal Militer China menemukan keberadaan kawah misterius di lokasi karamnya KRI Nanggala-402, di per ...
Senin, 07 Juni 2021 | 15:05
Masih di Bawah Umur, Pengantin yang Viral Mendaki Bukit Mengaku Tidak Punya Ortu
Pasangan pengantin asal Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang viral di media sosial ka ...
Selasa, 18 Mei 2021 | 07:55
"Grubug" Belasan Tahun di Desa Umahanyar, Banyak Krama Meninggal Tidak Wajar
Desa Adat Umahanyar, Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung pernah mengalami "keputungan Mangku&q ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV