News

I Gede Ardika, Penggagas Kepariwisataan Berkelanjutan Itu Berpulang

Sabtu, 20 Februari 2021 | 14:10 WITA
I Gede Ardika, Penggagas Kepariwisataan Berkelanjutan Itu Berpulang

bbn/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) I Gede Ardika meninggal dunia di Rumah Sakit Boromeus, Bandung, Jawa Barat.
"Berita Duka/lelayu, Telah meninggal dunia Bapak I Gede Ardika, Menteri Pariwisata dan Kebuayaan ke-8 (2000-2004), pagi ini Sabtu 20 Februari 2021 di Bandung. Disemayamkan di rumah duka RS St Boromeus Bandung. Info pemakaman menyusul. Semoga beliau manunggal denganNya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan. Mohon doa bagi beliau," demikian pesan yang beredar di media sosial tersebut.
I Gede Ardika lahir di Singaraja, Bali, 15 Februari 1945. Semasa hidup, ia meraih gelar sarjana pada 1977 dari STIA LAN, Bandung, Jawa Barat. Ia merupakan pejabat karier pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Sebelum menjabat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, I Gede Ardika menjabat Wakil Kepala Badan Pengembangan Pariwisata dan Kesenian. Pada 1998-2000 menjadi Dirjen Pariwisata, Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya. Pada 1996-1998 ia menjabat Sekretaris Ditjen Pariwisata.
I Gede Ardika memiliki karya berupa buku dengan judul Kepariwisataan Berkelanjutan. Dalam buku itu, ia memaparkan gagasannya tentang dunia pariwisata ke depan.
Ia mengupas bagaimana pembangunan pariwisata di Indonesia bertumpu pada konsep, prinsip-prinsip, serta cita-cita dan tujuan sebagai bagian integral dalam pembangunan nasional. Bagi Ardika, falsafah kepariwisataan Indonesia bertumpu pada nilai-nilai dasar sebagai bangsa yang religius.
Nilai itu, menurut Ardika, menjadi acuan tertinggi yang diturunkan dalam nilai luhur agama, mengatur konsep hidup dalam keseimbangan hubungan antara manusia dengan Tuhan, hubungan dengan sesama manusia, dan hubungan dengan lingkungan alam dalam upaya mencapai kebahagiaan.
Buku ini juga menjelaskan, I Gede Ardika juga mengungkapkan tentang gagasannya mengenai konsep wisata desa. Gagasan itu ia presentasikan pada Sidang Umum UNWTO di Santiago, Chili, pada 1999 saat pengesahan Kode Etik Pariwisata Dunia (Global Code of Ethics for Tourism).
Sumber: Liputan6.com

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Mantan Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata I Gede Ardika Kepariwisataan Berkelanjutan Pariwisata Di Indonesia


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV