News

4,6 Juta Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca Akan Tiba di Indonesia

Sabtu, 20 Februari 2021 | 22:30 WITA
4,6 Juta Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca Akan Tiba di Indonesia

bbn/biro Setpres

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JAKARTA.
Indonesia akan kembali kedatangan vaksin Covid-19 AstraZeneca asal Inggris dalam waktu dekat. Ini merupakan jenis vaksin kedua yang datang ke Tanah Air, setelah Sinovac.
Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat berbincang dengan para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021. Namun, video pertemuan baru diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2/2021).
"Saya mendapatkan kabar bahwa 4,6 juta dari AstraZeneca akan datang di akhir bulan atau awal bulan depan (Maret)," kata Jokowi dikutip dari Liputan6.com.
Indonesia disebut telah memesan 50 juta dosis vaksin AstraZeneca. Pemerintah juga mendapatkan total komitmen pengadaan vaksin dari Sinovac, China sebanyak 140 juta dosis, Novavax ada 50 juta dosis, COVAX-GAVI 54 juta dosis, dan Pfizer 50 juta dosis vaksin Covid-19.
Jokowi mengatakan vaksin AstraZeneca kemungkinan akan mendapat pengelolaan manajemen khusus, misalnya hanya untuk provinsi tertentu. Namun, kata dia, hal ini masih dibahas oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
"Misalnya AstraZeneca khusus di provinsi tertentu, karena kalau campur-campur juga karena saya mendapat informasi kalau AstraZeneca ini juga suntikan pertama dan kedua ini memakan waktu yang berbeda," jelasnya. 
Hal ini berbeda dengan vaksin produksi perusahaan asal China, Sinovac, yang jarak antara penyuntikan dosis pertama dan kedua selama 14 hari. Namun, Jokowi menegaskan rencana tersebut belum diputuskan oleh Kemenkes.
"Kalau Sinovac itu 2 minggu, kalau AstraZeneca itu 1 bulan sampai 2 bulan. Yang ini juga belum jelas 1 bulan untuk siapa dan 2 bulan untuk siapa," ucap Jokowi. 

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Vaksin Covid-19 AstraZeneca Jokowi AstraZeneca Sinovac


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV