Gianyar Dikepung Bencana, Semua Pelinggih Pura di Blahbatuh Terjungkal - Beritabali.com

News

Gianyar Dikepung Bencana, Semua Pelinggih Pura di Blahbatuh Terjungkal

Selasa, 23 Februari 2021 | 16:05 WITA
Gianyar Dikepung Bencana, Semua Pelinggih Pura di Blahbatuh Terjungkal

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah bencana di kabupaten Gianyar. Pohon tumbang dan longsor masih masih mendominasi. 
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang berlangsung tengah malam hingga dini hari tersebut. Data yang berhasil dihimpun, Selasa (23/2), bencana yang mengepung Gianyar menyebabkam kerugian hingga ratusan juta rupiah. 
Seperti di Banjar Patolan, Desa Pering kecamatan Blahbatuh, sebuah pura pesimpangan tergerus longsor. Hingga tak menyisakan satu pelinggih pun. 
Perbekel Pering, Taufan Meyanto, mengatakan, kejadian longsornya pura tersebut terjadi dini hari sekitar pukul 02.00 wita. Kerugian ditaksir mencapai Rp 100 jutaan. Karena semua pelinggih termasuk piasan terjungkal
"Ngih senderannya tergerus semua pelinggih termasuk piyasan," ungkapnya. 
Sementara hampir di jam bersamaan, di Desa Calo, Tegalalang, balai gong dan tembok penyengker sebuah pura hancur ditimpa pohon Beringin berukuran cukup besar akibat angin kencang. Kerugiannya ditaksir ratusan juta. Pada saat kejadian tidak ada warga yang melakukan kemitan sehingga tidak ada korban jiwa. 
"Sudah ditangani tim TRC, baru dapat laporan dari camat Tegalalang, kami langsung meluncur," Ujar Kabid logistik dan penanggulangan, I Gusti Ngurah Dibya Presasta. 
Selain itu di sejumlah titik juga terjadi pohon tumbang dan tanah longsor. "Ada 7 titik, Tim TRC sudah siap sejak kemarin karena sudah diperkirakan pada ramalan cuaca dari BMKG, hingga begitu ada laporan kami langsung tanggapi," jelasnya. 
IGN Dibya Presasta seijin Kepala BPBD Gianyar mengatakan kejadian pohon tumbang antara lain terjadi di Jalan Pudak Banjar Sangging, Desa Abianbase, Kecamatan Gianyar. Pohon tumbang yang terjadi di Banjar Sangging Selasa,(23/2) Pukul 07.20 WITA sampai menutupi badan jalan sebelah selatan Alun-alun Gianyar
Pohon yang tumbang ini memiliki panjang kurang lebih 5 meter, dan diameter kurang lebih 30 cm. Pohon tumbang ini bahkan sempat menutupi jalan di Banjar Sangging, Abianbase, Gianyar. 
Sementara Pohon Suar dengan panjang kurang lebih 10 m dan diameter diameter 40 cm tumbang pukul 05.51 WITA di Sebelah Timur SPBU Lebih di Jalan Baypas Ida Bagus Mantra. 
Pohon Boni dengan panjang kurang lebih 10 m dan diameter 40 cm Pukul 07.05 WITA tumbang menghalangi Jalan Banteng Celuk Buruan Blahbatuh Gianyar. Pohon albesia panjang kurang lebih 15 m dan diameter kurang lebih 2 m Pukul 07.25 WITA tumbang menghalangi Jalan Laplapan Ubud Sebelah Timur Hotel Maya Banjar Laplapan Desa Petulu Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar.
Sedangkan pada Selasa (23/2) pohon durian panjang kurang lebih 14 meter, diameter kurang lebih 70cm tumbang Pukul 09.29 WITA menimpa bangunan rumah atas nama Ida Bagus Made Artya di Banjar Griya , Desa Tampaksiring, Gianyar. Kejadian ini menimbulkan kerugian material Rp 15 juta. 
Dibya Presasta menambahkan Tim TRC BPBD Gianyar terbagi dalam dua regu menangani pohon tumbang. Pada pukul 11.55 WITA pohon tumbang sudah dapat dibersihkan.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Hujan Lebat Pohon Tumbang Pelinggih Terjungkal Gianyar


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV